Disdag Kalsel Inspeksi Distributor Pastikan Kelancaran Distribusi Minyak Goreng

Kepala Dinas Perdagangan Kalsel, saat inspeksi ke distributor minyak goreng kemasan, Banjarmasin, Selasa (8/2/2022). MC Kalsel/scw

Setelah melakukan inspeksi ketersediaan minyak goreng di sejumlah kabupaten, Dinas Perdagangan (Disdag) Kalimantan Selatan (Kalsel) melanjutkan inspeksi ke tingkat distributor untuk memastikan kesesuaian harga dan kelancaran distribusi.

“Saat ini suplai minyak goreng jauh berkurang karena terhambatnya suplai dari produsen pabrik, sehingga berdampak pada distributor. Inspeksi ini juga dilakukan untuk mematikan tidak adanya penimbunan minyak goreng,” kata Kepala Dinas Perdagangan Kalsel, Birhasani, Selasa (8/2/2022).

Karena terbatasnya persediaan, maka pembelian oleh pedagang dan pengecer juga turut dibatasi di tingkat distributor. Meskipun masih tersedia, Birhasani mengatakan kelangkaan minyak goreng kemasan harus diwaspadai.

“Kebijakan lama subsidi minyak goreng hanya satu minggu, dan penggantian selisih untuk subsidi itu belum digantikan secara merata sampai saat ini,” ujar Birhasani.

Birhasani pun mengatakan pihaknya akan menentukan langkah untuk memenuhi kebutuhan minyak goreng kemasan. Salah satunya skema operasi pasar dengan menghimpun pedagang di kabupaten/kota.

“Hal ini masih akan dibicarakan dengan kabupaten/kota terkait kemungkinan-kemungkinan selanjutnya yang akan dilaksanakan,” ucap Birhasani. MC Kalsel/scw

Mungkin Anda Menyukai