Peringati Mayday 2024, Gubernur Kalsel : Tingkatkan Daya Saing Pekerja Kalsel

Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan melalui Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Kalimantan Selatan peringati Mayday 2024 dengan ribuan peserta dari serikat buruh dan serikat pekerja di Provinsi Kalimantan Selatan.

Peringatan Mayday 2024 diselenggarakan di depan Gedung Olahraga Remaja (GOR) Hasanuddin Banjarmasin pada hari Rabu 1 Mei 2024 dengan mengangkat tema yaitu Kerja Bersama Wujudkan Pekerja/Buruh Yang Kompeten dan tag line “mayday is terampil day”.

Gubernur Kalimantan Selatan, Sahbirin Noor mengatakan momentum ini harus dimanfaatkan untuk memperluas kesempatan dan melindungi hak buruh dan hak pekerja dalam meningkatkan produktivitas dan daya saing Kalimantan Selatan.

“Masukan – masukan yang sudah disampaikan untuk pemerintah, akan menjadi evaluasi bagi kami dalam kemajuan kita bersama,” ucapnya, Banjarmasin, Rabu (1/5/2024).

Dirinya pun berharap agar solidaritas para pekerja di Banua tercinta ini, dapat terus maju dan terdepan, sehingga bisa meningkatkan kesejahteraan rakyat.

“Dengan berkumpulnya kita semua di sini dapat mempererat silaturahmi antara tiga unsur tripatrit, yaitu unsur pemerintah, pengusaha dan pekerja sehingga hubungan industrial yang harmonis, dinamis, dan berkeadilan,” terangnya.

Lebih lanjut, Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Kalimantan Selatan menambahkan berbagai kegiatan digelar dalam memeriahkan peringatan Mayday 2024 kali ini.

“Tadi pagi kami sudah menyelenggarakan senam bersama, kemudian dilanjutkan dengan pembukaan pasar murah serta pemeriksaaan kesehatan gratis yang bekerja sama dengan Dinas Kesehatan dan Ketua TP PKK Provinsi Kalimantan Selatan,” tuturnya.

Lalu, menyikapi pernyataan sikap yang disampaikan oleh para pekerja, pihaknya akan menyalurkan aspirasi tersebut dengan pemerintah pusat.

“Karena sesuai dengan arahan Gubernur Kalimantan Selatan untuk hak – hak normatif itu merupakan hak pokok yang didapatkan oleh para pekerja,” terangnya.

Sementara itu, Ketua Konfederasi Serikat Buruh Seluruh Indonesia dan Ketua May Day 2024, Mesdi menuturkan perayaan Mayday 2024 sangat disambut dengan positif oleh seluruh pekerja dan buruh di Kalimantan Selatan.

“Semoga dengan perayaan ini kerja sama antar tiga unsur tripartit ini akan terus berjalan dengan harmonis,” pungkasnya. MC Kalsel/usu.

Mungkin Anda Menyukai