Kemenparekraf RI Dorong Pengembangan Ekonomi Kreatif di Kalsel Melalui AKI

Gubernur Kalsel, Sahbirin Noor (kiri) bersama Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI, Sandiaga Salahuddin Uno (tengah) pada Apresiasi Kreasi Indonesia. MC Kalsel/Jml

Guna mendorong produk dan pelaku ekonomi kreatif bisa naik kelas, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) Republik Indonesia (RI) mengadakan Apresiasi Kreasi Indonesia (AKI).

Pada 2022 ini, AKI digelar di 16 kabupaten/kota se-Indonesia, dan untuk Kalimantan Selatan (Kalsel) sendiri, AKI dilaksanakan disalah satu pusat perbelanjaan modern di Kota Banjarmasin.

Menteri Parekraf RI, Sandiaga Salahuddin Uno mengatakan, AKI merupakan program unggulan pengembangan ekonomi kreatif melalui peningkatan kapasitas dan pameran kepada para pelaku ekonomi kreatif pada subsektor kuliner, kriya, fesyen, aplikasi, film, dan musik.

“Melalui AKI, kami ingin mendorong pelaku ekonomi kreatif bangkit kembali, kita lihat banyak sekali produk-produk luar biasa. Kita ingin produk teman-teman ekraf ini bisa menopang ekonomi di Kalsel,” kata Sandiaga, Banjarmasin, Selasa (12/7/2022).

Sandiaga menilai, kreasi produk pelaku usaha ekonomi kreatif di Kalsel sangat inovatif, sehingga produk kreatif ini perlu dipamerkan.

“Luar biasa, saya sudah sekian kali ke Banjarmasin dan kreasinya sangat inovatif, saya juga optimis transformasi ekonomi terbarukan melalui sektor ekraf bisa terwujud di Kalsel,” ucap Sandiaga.

Pada kesempatan ini, Sandiaga berpesan, agar pelaku usaha ekonomi kreatif di Kalsel tidak mudah menyerah dalam menjalankan usahanya.

Sementara itu, Gubernur Kalsel, Sahbirin Noor, mengapresiasi upaya Kemenparekraf RI dalam mendorong pelaku usaha ekonomi kreatif di Kalsel bisa naik kelas.

Sahbirin mengatakan, Pemerintah Provinsi Kalsel terus berupaya mewujudkan transformasi ekonomi terbarukan, salah satunya melalui sektor ekonomi kreatif.

“Saat ini kami terus berupaya menggali sumber-sumber ekonomi terbarukan, dan menurut saya, sektor ekonomi kreatif memiliki potensi yang menjanjikan,” kata Sahbirin. MC Kalsel/Jml

Mungkin Anda Menyukai


Uncle Hard Enduro 2022


Kalimantan Selatan, tepatnya Kiram Park kembali menjadi lintasan ajang balap internasional
"Uncle Hard Enduro" yang akan digelar pada 25 sampai 27 November 2022. Dengan konsep olahraga dan wisata (sport tourism),
ajang ini berpeluang mengenalkan keindahan alam Kalimantan Selatan ke mata dunia.

Survei ini dilakukan untuk mengetahui seberapa tahu dan tertarik masyarakat terhadap "Uncle Hard Enduro",
yang sudah kedua kalinya dilaksanakan di Kalimantan Selatan, setelah 2019 lalu.


Ya, Saya Bersedia

Tidak, terima kasih