BPSDMD Akan Siapkan Program Pendidikan dan Diklat Bagi ASN di Lingkup Pemprov Kalsel

Kepala Bidang Pengembangan Kompetensi Manajerial dan Fungsional BPSDMD Kalsel, Ahmad Bagiawan di ruang kerjanya, Banjarbaru, Selasa (11/1/2021).

Sebagai wadah pengembangan kompetensi terakreditasi LAN, Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Daerah (BPSDMD) Kalimantan Selatan (Kalsel) telah menyiapkan serangkaian program Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkup Pemprov Kalsel.

Plt Kepala BPSDMD Kalsel, Mujiyat yang di wakili Kepala Bidang Pengembangan Kompetensi Manajerial dan Fungsional BPSDMD Kalsel, Ahmad Bagiawan mengatakan tahun ini BPSDMD akan segera menyiapkan diklat untuk para analis kebijakan yang baru saja dilantik menjadi Fungsional. 

“Kita menyiapkan keperluan analis kebijakan, namun untuk tahun ini masih dalam tahap persiapan. Sehingga kita tahu apa saja yang diperlukan untuk jenjang karir yang dibutuhkan,” kata Gia, di Banjarbaru, Selasa (11/1/2022).

Selain mempersiapkan program pelatihan analis kebijakan, tahun ini BPSDMD juga melaksanan program yang akan dijalankan seperti Diklat Kepemimpinan Nasional untuk eselon II sebanyak satu angkatan, terdiri dari 40 peserta dan Diklat Kepemimpinan Administrator eselon III sebanyak tiga angkatan dengan total 120 peserta.

“Kemudian juga akan dilaksanakan Diklat Kepemimpinan Pengawas untuk eselon IV sebanyak satu angkatan yang diikuti 40 peserta,” ucap Gia.

Selain itu, BPSDMD Kalsel juga berencana melaksanakan Latihan Dasar (Latsar) CPNS tahun 2020.

“Untuk Latsar atau prajabatan calon ASN direncanakan sebanyak 2.160 atau 54 angkatan”, ujar Gia.

Tidak hanya Diklat untuk pejabat struktural dan CPNS, BPSDMD Kalsel juga akan menyelenggarakan Diklat Fungsional untuk Pranata Komputer dan Polisi Kehutanan masing-masing satu angkatan. 

Kemudian juga akan dilaksanakan Diklat Teknis seperti Keprotokolan dan Pengadaan Barang dan Jasa masing-masing satu angkatan serta dua angkatan untuk Penata Usaha Keuangan yang mana 1 angkatan sebanyak 30 orang.

“Semoga diklat yang akan kita laksanakan dapat mengakomodir kebutuhan PNS yang ada di Kalsel, Kabupaten/Kota maupun Provinsi tetangga,” jelas Gia. MC Kalsel/scw

Mungkin Anda Menyukai