Disdikbud Kalsel Gelar Nonbar Film Biografi Syekh Muhammad Arsyad Al-Banjari

Foto bersama pada saat pemutaran Film Biografi Syekh Muhammad Arsyad Al-Banjari, Banjarmasin, Senin (20/3/2023).

Dalam rangka menyambut bulan suci Ramadan 1444 H, Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Kalimantan Selatan kembali memutarkan film biografi Syekh Muhammad Arsyad Al-Banjari pada salah satu bioskoo yang berada di kota Banjarmasin.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Kalimantan Selatan, Muhammadun mengungkapkan pemutaran film biografi ini merupakan kali ketiga ditayangkan, yang mana pemutaran perdana telah diputar pada akhir tahun yang lalu.

“Pemutaran kali ini ada yang berbeda dari sebelumnya, sebab ada beberapa scene yang harus diedit ulang,” ucapnya, di Banjarmasin, Senin (20/3/2023).

Ia menjelaskan, walaupun ada beberapa scene yang dipotong, akan tetapi isi dari film ini tetap dapat tersampaikan, seperti ajaran agama islam yang disebarkan Syekh Muhammad Arsyad Al-Banjari di Kalsel.

Sementara itu, Kepala Bidang Kebudayaan Provinsi Kalimantan Selatan Raudati Hildayati mengungkapkan dalam kegiatan nonton bareng ini, pihaknya mengundang seluruh keluarga besar Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Kalsel dan SKPD Pemprov Kalsel.

“Kami menyediakan 3 studio, studio premiere 40 orang, studio satu 214 orang dan studio dua 214 orang untuk menyaksikan film biografi Syekh Muhammad Arsyad Al-Banjari,” katanya.

Karena film ini tidak dikomersilkan, maka apabila masyarakat atau komunitas film ingin menonton film biografi Syekh Muhammad Arsyad Al-Banjari bisa langsung datang ke kantor Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Kalsel.

“Kami terbuka lebar bagi masyarakat yang mau meminta data film biografi, silahkan langsung datang ke kantor,” terangnya.

Sementara itu, Kepala Seksi Kesenian Bidang Kebudayaan Disdikbud Kalsel, D Sunjaya Adhiarso menambahkan setelah pembuatan film biografi Syekh Muhammad Arsyad Al-Banjari sukses, pihaknya berencana akan kembali membuat film yang menceritakan tokoh penting Kalsel.

“Kalsel banyak sekali punya tokoh penting seperti Brigjen TNI Hasan Basry. Oleh karena itu, kami berencana nantinya akan membuat biograpi tokoh penting tersebut,” tuturnya. MC Kalsel/usu.

Mungkin Anda Menyukai