Program Pamsimas Desa Purwodadi 100 Persen Akses Air Minum Layak

Ketua Asosiasi Tirta Lestari KPSPAM Kabupaten Tanah Bumbu, Gunadi pada acara Workshop keberlanjutan program Penyediaan Air Minum Dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Pamsimas) III Tahun 2021 Provinsi Kalimantan Selatan, di Banjarmasin, Jumat (26/11/2021). MC Kalsel/tgh

Pengelolaan air minum pedesaan melalui Program Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Pamsimas) di Desa Purwodadi, Kabupaten Tanah Bumbu sangat membantu masyarakat dalam ketersediaan air bersih.

Hal ini disampaikan, Ketua Asosiasi Tirta Lestari KPSPAM Kabupaten Tanah Bumbu, Gunadi pada acara Workshop keberlanjutan program Penyediaan Air Minum Dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Pamsimas) III Tahun 2021 Provinsi Kalimantan Selatan, di Banjarmasin, Jumat (26/11/2021).

Gunadi mengatakan jumlah penduduk Desa Purwodadi sekitar 2.500 jiwa dengan 814 Kepala Keluarga (KK) telah bisa 100 persen akses air minum.

“Jadi program Pamsimas di Desa Purwodadi sudah 100 persen air minum. Program Pamsimas sangat membantu untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat pedesaan,” katanya.

Oleh karena itu, pihaknya sebagai asosiasi KPSPAM di Kabupaten Tanah Bumbu telah mengembangkan agar pengelolaan air minum layak menjadi air minum aman di Desa Purwodadi.

“Jadi desa Purwodadi ada program Haidi Mamam yang direncanakan untuk membantu menuju air minum aman di tahun 2022,” ungkapnya.

Ia berharap program Pamsimas tetap berjalan dan berkelanjutan untuk memberikan pelayanan akses air minum bagi masyarakat.

“Diharapkan program Pamsimas tetap berjalan untuk meningkatkan akses bagi penduduk perdesaan terhadap tersedianya fasilitas air minum dan sanitasi yang layak,” pungkasnya. MC Kalsel/tgh.

Mungkin Anda Menyukai