KRI Fatahillah Singgahi Banjarmasin

Letkol Laut (P) Sandy Kurniawan(kiri) mendampingi Walikota Banjarmasin H Ibnu Sina(kanan) saat meninjau kapal KRI Fatahillah yang bersanding di Pelabuhan Trisakti Banjarmasin, Jumat (8/2/2019). Mc Kalsel/Rns

Sebuah kapal perang bernomor lambung 361 dengan nama KRI Fatahillah singgah di Pelabuhan Trisakti Banjarmasin. Dengan membawa perlengkapan senjata tempur canggih dan dikomandani seorang perwira bernama Letkol Laut (P) Sandy Kurniawan, kapal berumur 40 tahun ini untuk pertama kalinya singgah di Pelabuhan Trisakti Banjarmasin. Kapal yang datang bersama prajurit TNI AL sebanyak 80 orang ini, berangkat dari Surabaya kemudian tiba di Pelabuhan Trisakti Banjarmasin pada tanggal 7 Februari 2019.

Selama berada di kota berjuluk seribu sungai ini, kapal tersebut terbuka untuk masyarakat umum yang ingin melihat dari dekat seluruh alusista di dalamnya. Tentunya, kedatangan kapal tersebut juga disambut oleh Walikota Banjarmasin H Ibnu Sina.

 Dan dalam kunjungan ke dalam ke kapal tersebut, pemimpin Bumi Kayuh Baimbai ini tak lupa memberikan kenang-kenangan kepada komandan kapal berupa, kain sasirangan, plakat, buku tentang berjudul Banjarmasin Tempo Dulu, yang dikemas dalam bakul purun.

Dalam kesempatan tersebut, ia menjelaskan tentang keberadaan Bakul Purun yang digunakan masyarakat kota ini sebagai pengganti kantong plastik.

“Kota Banjarmasin adalah kota pertama di Indonesia yang menerapkan pelarangan penggunaan kantong plastik, kemudian diikuti kota lain di Indonesia. Sebagai gantinya, kami mempergunakan bakul purun untuk menampung barang belanjaan. Dan keberadaan bakul purun sebagai pengganti alternatif kantong plastik, telah diakui oleh Kementerian LHK,” ujarnya.

Dijelaskannya lagi, Bakul Purun terbuat dari tanaman purun yang mudah ditemui di sepanjang perairan sungai yang ada di kota Banjarmasin. KRI Fatahillah berada di kota ini sampai hari Jumat (08/2/2019) sekitar pukul 15.00 wita. Seluruh prajurit yang berada di dalam kapal tersebut akan melanjutkan perjalananya menuju Kota makasar untuk selanjutnya berjaga di sekitar perbatasan Indonesia dengan Negara Filipina.

“Selamat jalan selamat bertugas,” ucap H Ibnu Sina kepada Letkol Laut (P) Sandy Kurniawan.  Untuk diketahui, KRI Fatahilah-361 adalah salah satu kapal perang kebanggaan Bangsa Indonesia. (humpro-bjm) Mc Kalsel/Rns

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan