Siaga Bencana Hidrometeorologi, Dinsos Kalsel Berikan Bufferstock ke Lima Kabupaten/Kota

Kepala Dinas Sosial Kalsel, Siti Nuriyani. MC Kalsel/Rns/dok

Beberapa bulan lalu, Dinas Sosial Kalimantan Selatan (Kalsel) telah memberikan bufferstock untuk lima Kabupaten/Kota di Kalsel yang diperkirakan mengalami hujan dengan intensitas tinggi.

Seperti prediksi BMKG, beberapa waktu terakhir sejumlah wilayah di Kalsel mengalami bencana hidrometeorologi. Hujan deras terjadi di kabupaten/kota dan membuat beberapa di antaranya terendam banjir.

“Kabupaten Balangan, Hulu Sungai Tengah (HST), Hulu Sungai Selatan (HSS), Banjarbaru, dan Tanah Bumbu sudah kita berikan bantuan dari Dinsos Provinsi,” kata Kepala Dinas Sosial Kalsel, Siti Nuriyani, Banjarmasin, Rabu (17/11/2021).

Bantuan yang diberikan berupa makanan siap saji, makanan tambahan, food ware, kid ware, family kit, paket sandang, kasur, matras dan terpal.

“Untuk banjir yang di HST, dapur umum telah didirikan oleh Tagana Kabupaten semenjak tiga hari yang lalu sebanyak dua ribu paket makanan perhari untuk membantu masyarakat, sementara untuk Kabupaten HSS belum ada,” tambah Nuriyani.

Nuriyani mengatakan, pihaknya juga telah meminta Dinas Sosial Kabupaten/Kota se-Kalsel untuk siap siaga logistik di wilayah masing-masing.

Sementara itu, Kepala Seksi Perlindungan Sosial Korban Bencana Alam (PSKBA) Dinas Sosial Kalsel, Achmadi, mengatakan pihaknya saat ini masih terus memantau perkembangan banjr di tiga kabupaten yang terdampak hidrometeorologi.

“Kabupaten Balangan sudah mulai penurunan dan kering. Untuk Kabupaten HSS pun juga surut, sementara untuk Kabupaten HST turun perlahan sebesar 10 cm,” kata Achmadi. MC Kalsel/Rns

Mungkin Anda Menyukai