Gubernur Kalsel Harapkan LVRI Tetap Solid

Gubernur Kalimantan Selatan (Kalsel), Sahbirin Noor pada pembukaan Musyawarah Daerah ke-XII LVRI Kalsel, Banjarmasin, Selasa (9/11/2021). MC Kalsel/Jml

Gubernur Kalimantan Selatan (Kalsel), Sahbirin Noor meminta kepada pengurus Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI) Kalsel untuk tetap solid dalam mewariskan jiwa semangat dan juang 45 kepada generasi muda di Kalsel.

“LVRI Kalsel harus lebih solid lagi kedepannya. Sebagai wadah legiun veteran di Banua, LVRI harus terus menularkan semangat perjuangan yang mereka miliki untuk generasi muda sekarang,” kata Sahbirin pada pembukaan Musyawarah Daerah ke-XII LVRI Kalsel, Banjarmasin, Selasa (9/11/2021).

Keberadaan LVRI Kalsel, menurutnya,sangat penting, karena di dalamnya berhimpun para legiun veteran banua, yang merupakan bagian dari pelaku sejarah dan pejuang dalam merebut dan mempertahankan kemerdekaan Indonesia, khususnya di banua ini.

“Terima kasih dan apresiasi layak kita sampaikan kepada mereka. Terlebih semangat dan jiwa pengabdian mereka terus terjaga dan terpelihara hingga saat ini. Bagaimana mereka terus hadir dan turut berpartisipasi dalam menghadapi permasalahan bangsa. Mereka terus hadir dan senantiasa setia mengawal persatuan dan kesatuan bangsa dalam koridor Pancasila,” tuturnya.

Sahbirin berharap agar LVRI Kalsel bisa terus menanamkan rasa nasionalisme kepada generasi muda agar mereka mengetahui dan tidak lupa akan sejarah perjuangan di Bumi Lambung Mangkurat ini.

“Jas merah (jangan melupakan sejarah), ayo terus tanamkan rasa nasionalisme kepada generasi muda kita agar mereka menghargai dan menghormati jasa-jasa para pahlawan yang telah mendahului kita,” tegas Sahbirin.

Sementara itu, Ketua Umum LVRI, Mayjen TNI (Purn) Saiful Sulun secara virtual menyampaikan, LVRI harus berperan aktif dalam pembangunan Nasional, memelihara hubungan persahabatan dengan organisasi Veteran Regional dan Dunia. Serta konsisten menjaga kehormatan dan meningkatkan kesejahteraan Veteran RI.

“Ingat visi LVRI adalah adalah tetap berlanjutnya pelestarian jiwa, semangat dan nilai-nilai kejuangan 1945. Sedangkan misinya adalah mewariskan jiwa, semangat dan nilai-nilai kejuangan 1945. Oleh karena itu, LVRI harus turut berperan aktif dalam pembangunan daerah dan Nasional,” pungkasnya. MC Kalsel/Jml

Mungkin Anda Menyukai