BPSDMD Dorong PNS Menjadi Profesional dan Berkarakter

Pelatihan Dasar CPNS golongan III dan Golongan II Lingkup Pemerintah Provinsi Dan Kabupaten/Kota se-Kalsel di Banjarbaru, Senin (8/11/2021). MC Kalsel/scw

Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Daerah (BPSDMD) Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) menggelar Pelatihan Dasar CPNS golongan III dan Golongan II Lingkup Pemerintah Provinsi Dan Kabupaten/Kota se-Kalsel.

Kepala BPSDMD Kalsel, Nispuani mengatakan misi utama latihan dasar ini adalah membentuk karakter PNS yang profesional, dimana integritas, semangat pengabdian, etika keilmuan, serta sikap dan perilaku menjadi parameter yang paling utama dalam transformasi institusional.

Strategi penyelenggaraan latihan dasar ini dimulai dari 30 Agustus sampai 17 November 2021 dengan menggunakan metode blended learning yaitu tahap MOOC selama 16 hari dan tahap Distance Learning dan habituasi.

“Peserta yang mengikuti pelatihan dasar CPNS Golongan III sebanyak 9 angkatan dengan jumlah 360 peserta yang berasal dari Kabupaten Balangan, Kotabaru, Tabalong yang dibagi untuk masing-masing angkatannya sebanyak 40 orang,” kata Nispuani, Banjarbaru, Senin (8/11/2021).

Oleh karena itu, latihan dasar ini hendaknya dapat membentuk PNS Profesional yang berkarakter dan mampu merespon kondisi lingkungan eksternal yang penuh dengan berbagai dinamika.

PNS juga harus mampu berperan sebagai pembaharuan dan perekat persatuan dan kesatuan bangsa serta menunjukkan penguasaan teknis yang dibutuhkan sesuai bidang tugasnya.

“PNS harus menjadi garda terdepan dalam pengelolaan dan penyampaian informasi agar masyarakat tidak terpapar isu yang menganduk unsur hoaks terkait kebijakan pemerintah,” ujar Nispuani. MC Kalsel/scw

Mungkin Anda Menyukai