Berikan Hadiah, Dispersip Kalsel Berencana Bukukan Hasil Karya Pemenang Cerpen

Kepala Dispersip Kalsel, Nurliani Dardie, menyerahkan hadiah kepada pemenang lomba Cerpen Wisata Tahun 2021. Dispersip Kalsel/dok

Menyusul ditetapkannya karya terbaik lomba Cerpen Wisata Tahun 2021, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Kalimantan Selatan (Kalsel) menyerahkan hadiah kepada pemenang terpilih, di Banjarmasin, Senin (25/10/2021).

Piala beserta uang pembinaan diserahkan langsung oleh Kepala Dispersip Kalsel, Nurliani Dardie, didampingi Sekretaris, Muhammad Ramadhan dan dewan juri.

“Lomba ini sebagai salah satu upaya promosi dan peningkatan literasi di Banua. Sementara, penghargaan kepada para penulisnya kita beri hadiah, dan rencananya kita akan bukukan cerpen-cerpen ini,” kata Ramadhan mewakili Kepala Dispersip Kalsel.

Diberitakan sebelumnya, juara pertama diraih oleh Ratih Ayuninggrum asal Kabupaten Kotabaru dengan judul cerpen Neptunus, disusul Meutia Swarna Maharani dengan judul Minggu Ujian, dan peringkat ketiga diraih penulis asal Kabupaten Banjar Zulfan Fauzi, dengan judul Loksado dan Romansa Perjalanan.

Ratih, sebagai juara pertama yang berhasil menyisihkan 118 karya lainnya merasa senang atas penghargaan diperoleh, dan berharap kegiatan serupa dapat terus digaungkan, sebagai salah satu wadah bagi penggiat literasi untuk berkarya.

“Semoga Dispersip Kalsel dapat terus mendengungkan hal-hal yang berbau literasi, sehingga makin dikenal banyak masyarakat,” ujar Ratih.

Sementara itu, salah seorang juri, Aliansyah Jumbawuya, mengaku terkesan dengan banyaknya tulisan menarik yang masuk ke meja penilaian, sehingga membuat pihaknya berpikir keras untuk menentukan pemenang.

“Banyak yang bagus, hingga kita harus berdebat menyamakan persepsi apa itu cerpen wisata, dan akhirnya baru kita sepakat,” tutur Aliansyah. MC Kalsel/Jml

Mungkin Anda Menyukai