UPTD Taman Budaya Akan Laksanakan Penelitian Topeng Khas Kalsel

Kepala UPTD Taman Budaya Prov. Kalsel, Suharyanti saat wawancara di ruangannya, Banjarmasin, Senin (25/10/2021). MC Kalsel/usu.

Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Taman Budaya Provinsi Kalsel akan laksanakan Penelitian Topeng Khas di 2 Kabupaten/Kota se-Kalsel.

Kepala Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Taman Budaya Prov. Kalsel, Suharyanti mengungkapkan rencananya kegiatan ini akan dilaksanakan di tahun 2022.

“Jadi topeng yang akan kami teliti yaitu dari Kabupaten Tabalong dan Kabupaten Barito Kuala,” ucapnya, Banjarmasin, Senin (25/10/2021).

Penelitian ini dilaksanakan karena dari dua topeng Khas Kabupaten Batola dan Kabupaten Tabalong tersebut mempunyai kesakralan tersendiri sehingga perlu diteliti lebih mendalam.

“Rencananyaa 2 topeng tersebut akan digali secara tecara teoristik dan hasil dari penelitian ini dapat menjadi ciri khas topeng asli Kalsel yang diketahui oleh Indonesia,” tegasnya.

Sebelumnya UPTD Taman Budaya menggelar semarak topeng 71 yang menampilkan lukisan dalam bentuk topeng pada bulan Agustus yang lalu untuk menyambut hari jadi Provinsi Kalsel dan Kemerdekaan Indonesia. MC Kalsel/usu

Mungkin Anda Menyukai