Gelar Lomba Poster, Disperkim Kalsel Dorong Untuk Penerapan Sanitasi Yang Lebih Baik

Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman Kalsel mengadakan penilaian lomba Poster Tingkat SMP/Sederajat di Aula Disperkim Kalsel, Banjarbaru, Senin (18/10/2021). MC Kalsel/tgh

Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman Kalsel mengadakan penilaian lomba poster Tingkat SMP/Sederajat untuk Kawasan Metropolitan Banjarbakula (Kota Banjarmasin, Kota Banjarbaru, Kabupaten Banjar, Barito Kuala dan Tanah Laut).

Penilaian lomba dilakukan oleh tim juri yaitu dari Dinas Pendidikan Kalsel, Fauziah, Dinas Kominfo Kalsel, Noor Aneka Lindawati, Tim Dinas Perkim Kalsel.

Dikesempatannya, Kepala Bidang Pengembangan Permukiman, Teddy Hidayat mengatakan maksud kegiatan ini, dalam rangka mendukung upaya pemerintah untuk mensosialisasikan mengenai pentingnya penerapan sanitasi yang baik akan menciptakan lingkungan perumahan dan kawasan permukiman yang aman dan layak.

“Tujuannya ini guna memberikan kesadaran masyarakat terhadap pentingnya penerapan sanitasi yang baik akan menciptakan lingkungan permukiman yang aman dan layak,” ujarnya, Senin (18/10/2021).

Menurutnya, kawasan kumuh itu ada 7 indikator yaitu, sanitasi, air limbah, air bersih, persampahan, jalan, drainase dan RTH.

“Peserta lomba ini harus mengarahkan hasil karyanya sesuai dengan 7 indikator tersebut,” ungkapnya.

Salah satu Juri, Fauziah dari Dinas Pendidikan meapreasisi jajaran Dinas Perkim Kalsel telah mengadakan kegiatan ini untuk mendukung sektor pendidikan di Kalsel melalui seni poster.

“Tentu saja melalui kegiatan ini nantinya akan kita kembangkan literasi seni di sekolah-sekolah baik tingkat SD, SMP, SMA bahkan keperguruan tinggi,” katanya.

Selain itu dari segi penilaian, pihaknya telah ditentukan oleh panitia, dengan tema yaitu “Menciptakan Lingkungan Sehat dan Nyaman Pada Kawasan Permukiman Kumuh Dengan Sanitasi Yang Baik”.

“Jadi penilaian itu ada 4 aspek yaitu, pertama kesesuaian antara hasil karya dengan tema lomba, kedua originalitas/keaslian ide atau pemikiran, ketiga, kepekaan terhadap isu-isu lingkungan dan keempat mampu menjelaskan secara verbal hasil karya yang telah dibuat,” pungkasnya.

Untuk diketahui total karya yang telah dikirimkan peserta sebanyak 41 poster dari Sekolah tingkat SMP di 5 Kabupaten/Kota. Total hadiah puluhan juta rupiah berserta tropi. MC Kalsel/tgh

Mungkin Anda Menyukai

 


 

Pemprov Kalsel Perlu
Pendapat Anda!


Terima kasih telah mengakses portal berita kami.
Kesediaan anda mengisi survei kepuasan
sangat membantu kami untuk mengevaluasi
penyelenggaraan Informasi dan Komunikasi Publik (IKP) tahun 2022
demi kemajuan pembangunan di Kalimantan Selatan.

 

 


Ya, Saya Bersedia

 

Tidak, terima kasih