Konsisten Bangun Literasi, Kepala Dispersip Kalsel Raih Penghargaan Nugra Jasadharma Pustaloka

Kepala Dispersip Kalsel, Nurliani Dardie

Kerja keras dan konsistensi Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Kalimantan Selatan (Kalsel) dalam membangun literasi di Banua kembali menorehkan hasil membanggakan.

Kali ini, Kepala Dispersip Kalsel, Nurliani Dardie, berhasil mendapatkan penghargaan Nugra Jasadharma Pustaloka tahun 2021 dari Perpustakaan Nasional RI, bersanding dengan tujuh Gubernur, Bupati serta Wali Kota dari berbagai provinsi, kabupaten maupun kota di Indonesia.

Diketahui, penghargaan Nugra Jasadharma Pustaloka diberikan Perpusnas RI sebagai apresiasi tertinggi Pemerintah Indonesia terhadap pejabat publik, tokoh masyarakat, jurnalis, dan media massa yang merupakan lifetime achievement dalam upaya penguatan budaya literasi melalui pembudayaan kegemaran membaca, guna mewujudkan SDM Unggul Indonesia Maju, untuk Indonesia Tangguh Indonesia Tumbuh.

“Alhamdulillah, ini merupakan penghargaan pertama yang diberikan kepada Kepala Dispersip seluruh provinsi di Indonesia,” kata Nurliani, Banjarmasin, Senin (6/9/2021).

Sebelumnya, Nurliani juga baru saja menerima penghargaan dari Perpurnas RI pada (5/8) lalu atas dedikasinya membangun literasi di Kalimantan Selatan.

“Baru tanggal 5 Agustus lalu Saya dapat penghargaan juga dari Perpusnas RI atas dedikasi membangun literasi di Kalsel. Kemudian, tanggal 14 September nanti dapat lagi penghargaan yang sangat bergengsi yaitu Nugra Jasadharma Pustaloka, Saya sangat bersyukur dan berterima kasih, atas kinerja jajaran Dispersip Kalsel,” tutur Nurliani.

Keberhasilan Nurliani mendapatkan penghargaan bergengsi Nugra Jasadharma Pustakaloka mengundang apresiasi dan perhatian dari berbagai kalangan, seperti Duta Baca Indonesia, Gol A Gong, pedongeng Kak Bimo, akademisi di Banua, Sainul Hermawan dan lainnya.

“Penghargaan ini adalah apresiasi atas kinerja yang ibu lakukan, meski mungkin apa yang ibu kerjakan tidak bermaksud mendapat penghargaan,” tulis Gol A Gong melalui pesan singkat.

Tidak hanya itu, ucapan selamat atas prestasi yang diraih juga disampaikan Habiburrahman El Shirazy atau Kang Abik.

“Melihat berbagai terobosan dan inovasi dalam memajukan literasi di kalsel selama ini memang pantas bila mendapat penghargaan Nugra Jasadharma Pustaloka. Bersama tim Dispersip tak kenal lelah memacu minat baca berbagai kalangan, dari strata bawah sampai atas,” kata Kang Abik. MC Kalsel/Jml

Mungkin Anda Menyukai