Terbentuk di Seluruh Kalsel, PATBM Bantu Pemerintah Berikan Perlindungan Anak

Kepala Seksi Perlindungan Khusus Anak Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPPA) Kalsel, Naimah Fitriyanuarty. MC Kalsel/scw/dok

Hingga saat ini, Perlindungan Anak Terpadu Berbasis Masyarakat (PATBM) telah terbentuk di desa dan kelurahan seluruh Kabupaten/Kota se-Kalimantan Selatan (Kalsel).

Kepala Seksi Perlindungan Khusus Anak Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPPA) Kalsel, Naimah Fitriyanuarty, mewakili Kepala DPPPA Kalsel menjelaskan PATBM merupakan sebuah gerakan yang bekerja secara terkoordinasi untuk membantu pemerintah memberikan perlindungan terhadap anak.

“Jadi, PATBM sudah dibentuk di kabupaten/kota dan kami DPPPA Kalsel memberikan dukungan terhadap kader-kader bagaimana melakukan upaya pencegahan dan merespon cepat bila ada kekerasan terhadap anak. Jadi, PATBM adalah bentuk peran serta masyarakat dalam membantu pemerintah dalam melindungi anak,” kata Naimah, Banjarbaru, Senin (6/9/2021)

Sebagai contoh, saat terjadi banjir beberapa lalu, PATBM Desa Cabi Kabupaten Banjar ikut serta membantu dalam perlindungan anak korban banjir.

“Jadi, waktu banjir kader-kader ikut membantu masyarakat korban banjir khususnya terhadap perlindungan anak,” ujar Naimah

Selain itu, PATBM Desa Cabi juga mengikutsertakan upaya perlidungan anak saat banjir tersebut pada lomba Video Pendek PATMB Tahun 2021 oleh Kementerian PPPA yang mengusung tema “PATBM Kuat, Anak Terlindungi, Indonesia Maju” dan berhasil menjadi juara III dengan hadiah uang tunai sebesar Rp10 juta.

“Ini prestasi yang membanggakan karena para kader-kader PATBM Desa Cabi mampu meraih juara pada kegiatan tersebut,” ujar Naimah. MC Kalsel/scw

Mungkin Anda Menyukai