Pasukan Paskibraka Provinsi Harus Serius Dalam Pelatihan Gerakan Baris-Berbaris

Suasana Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra) Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan saat mengikuti pelatihan PBB di Kantor Sekretariat Daerah Provinsi Kalimantan Selatan, Banjarbaru, Selasa (3/8/2021). MC Kalsel/tgh

Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra) Pemerintah Provinsi Kalsel berlatih peraturan baris-berbaris (PBB) dan pemantapan gerak di halaman Kantor Sekretariat Daerah Provinsi Kalsel, Banjarbaru.

Latihan ini dimulai sejak tanggal 2-16 Agustus 2021 dari pukul 08.00 hingga 17.00 wita.

Kepala Seksi Kepemimpinan Kepeloporan Kepramukaan dan Organisasi Pemuda Dispora Kalsel Rokhyatin Effendi mengatakan para peserta pendidikan dan pelatihan (Diklat) Paskibraka Provinsi Kalsel 2021 harus belajar serius mengenai keselarasan baris-berbaris.

“Sinkronisasi gerakan yang kita harus ajarkan dan peraturan baris-berbaris dasar sehingga nanti ketika saatnya gerakan lanjutan mereka sudah sama-sama punya dasar yang sama,” kata Yatin, Selasa (3/8/2021).

Oleh karena itu, setiap kelompok putra dan putri juga ada komandan pasukan. Jadi mereka dilatih setiap hari agar mereka membiasakan bagaimana cara memimpin.

“Semua peserta akan dilatih untuk dibiasakan untuk menjadi pemimpin pasukan,” katanya.

Selain itu, dimasa pandemi COVID-19 dalam pelaksanaan diklat dan latihan tetap menerapkan protokol kesehatan.

Ia menjelaskan penerapan protoko kesehatan sudah dilakukan sejak hari pertama masuk tanggal 24 Juli. Bahkan para peserta paskibraka sudah melakukan vaksinasi pertama di daerah tinggal mereka masing-masing.

Kemudian begitu masuk ke lokasi karantina pelatihan di asrama, mereka dilakukan rapid antigen. “Alhamdulillah setelah rapid antigen dilakukan hasilnya negatif semua. Bahkan nanti mereka setiap satu minggu akan kita rapid antigen lagi. Nanti hari jumat akan di rapid antigen lagi selama 3 minggu,” pungkasnya. MC Kalsel/tgh

Mungkin Anda Menyukai