Rakor Pengelolaan Posyandu Tahun 2021

Direktur Jenderal Bina Pemerintahan Desa Kemendagri, Yusharto Huntoyungo saat memberikan sambutan melalui virtual, Senin (31/5/2021).

Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan melalui Tim PKK mengikuti Rapat Koordinasi Pengelolaan Posyandu Tahun 2021 dengan tema Aktualisasi Peran Posyandu Mewujudkan Masyarakat Sehat dan Sejahtera.

Rapat Koordinasi dihadiri dan dibuka oleh Direktur Jenderal Bina Pemerintahan Desa Kemendagri, Yusharto Huntoyungo melalui video telekomunikasi dan diikuti oleh seluruh pengurus PKK daerah tingkat Kabupaten/Kota dan Provinsi seluruh Indonesia.

Kegiatan ini merupakan rangkaian peringatan hari lahir Posyandu pada tanggal 29 April silam, sekaligus penggunaan logo Posyandu yang baru.

Di kesempatan ini disampaikan bahwa pentingnya dan langkah strategis dalam mengkoordinasikan pembinaan dan pengembangan serta memperkuat komitmen sesuai kewenangan yang dimiliki secara institusional, pemerintah maupun non pemerintah.

Sejalan dengan perkembangan posyandu sebagaimana telah dilakukan oleh hampir seluruh daerah melalui pengintegrasian berbagai layanan dan pelayanan yang disesuaikan berdasarkan situasi kondisi kebutuhan masyarakat dan budaya setempat.

“Posyandu menjadi salah satu lembaga kemasyarakatan yang memiliki potensi untuk dikembangkan sebagai wadah yang sangat strategis dalam menyampaikan berbagai informasi publik serta terbuka untuk seluruh komunitas yang sasarannya langsung bersentuhan dengan masyarakat,” ujar Yusharto dalam sambutannya, Senin (31/5/2021).

Selanjutnya pada kondisi ini perlu terus didorong dan difasilitasi Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah, untuk selanjutnya dijadikan sebagai basis atau model pengembangan secara lokal maupun nasional dalam perspektif Lembaga kemasyarakatan yang mampu menyediakan dan memberikan layanan dalam pelayanan masyarakat secara tepat.

“Hal ini tentunya tidak mengesampingkan pelaksanaan posyandu yang mengintegrasikan layanan atau dilaksanakan secara konvensional sebagai bagian yang tidak terpisahkan dari pembinaan dan pengembangan yang dilakukan,” tambah Yusharto. MC Kalsel/Fuz

Mungkin Anda Menyukai