Panti RSPD Iskaya Banaran Persiapkan Seleksi Calon Klien

Panti Rehabilitasi Sosial Penyandang Disabilitas (RSPD) Iskaya Banaran tengah mengindentifikasi dan melakukan seleksi calon klien untuk semester kedua, yang dimulai pada bulan Juli mendatang.

“Pendaftaran di Panti RSPD Iskaya Banaran telah melaksanakan pengiriman surat ke instansi terkait yaitu Dinsos Kabupaten/Kota atau SLB se-Kalsel, pilar sosial yang menyebar di Kabupaten/Kota di bulan April,” kata Kepala Seksi Rehabilitasi Penyandang Disabilitas dan Lansia Dinas Sosial Kalimantan Selatan, Yudhiana Khusman, Banjarmasin, Senin (31/5/2021).

Calon klien, lanjut Yudhi, mempunyai waktu dua bulan untuk mempersiapkan diri dan kelengkapan administrasi.

“Apabila administrasi belum lengkap tidak masalah, kita sediakan kontak, jadi nanti kita siapkan list pada bulan Mei untuk tim ke lapangan menyeleksi kepada calon klien yang sudah didaftarkan sebelumnya,” tambah Yudhi.

Pada semester kedua nanti, Panti RSPD Iskaya Banaran memiliki kapasitas untuk 20 penyandang disabilitas perempuan, karena pada semester pertama ini sudah diisi oleh laki-laki.

“Kegiatan selama enam bulan full dalam panti, hidup di asrama selama empat bulan pertama, mengikuti kegiatan bimbingan sosial maupun pelatihan keterampilan, kemudian dua bulan berikutnya yaitu bulan kelima dan enam magang nanti menyesuaikan jenis keterampilan yang diikuti,” ucap Yudhi.

Berbagai macam jenis keterampilan yang diberikan, yaitu komputer, tata busana, tata rias dan tata boga. Saat pendaftaran, calon klien sudah diperbolehkan menentukan minat masing-masing.

“Untuk syarat sendiri adalah penyandang disabilitas umur 18-30 tahun serta bisa mandiri. Itu syarat utama, selebihnya menyesuaikan saja yang lulus SLB maupun SMA,” tukas Yudhi. MC Kalsel/Rns

Mungkin Anda Menyukai