TMMD Rampungkan Rehabilitasi Infrastuktur Desa di Tabalong dan HSS

Dinas PMD Kalsel melakukan peninjauan rehabilitasi rumah, di Desa Batu Bini Kecamatan Padang Batung Hulu Sungai Selatan. Dinas PMD Kalsel/dok

Beberapa waktu lalu, Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan (Pemprov Kalsel) melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) menyalurkan dana hibah program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) untuk membangun infrastruktur desa.

Sinergi lintas sektor itu pun berhasil merampungkan pembangunan infrastruktur desa di dua kabupaten, yakni Tabalong dan Hulu Sungai Selatan (HSS).

“Tabalong sudah merehabilitasi Masjid Nurul Huda, Pos Kamling ada dua unit dan Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) ada dua unit serta Hulu Sungai Selatan sudah merehabilitasi Musala Nataijul Iman dan dua rumah,” ujar Kepala Dinas PMD Kalsel, Zulkifli, di Banjarbaru, Rabu (19/5/2021).

Selain Tabalong dan HSS, empat kabupaten lain juga menerima dana hibah masing-masing senilai Rp90 juta, yaitu Tapin, Tanah Laut, Kotabaru dan Hulu Sungai Tengah.

“Adapun dana yang dihibahkan berasal dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) yang diterima langsung oleh perwakilan dari masing-masing Kodim untuk rehabilitasi atau sarana dan prasarana pembangunan infrastruktur desa,” kata Zulkifli.

Rencananya, Tanah Laut dan Tapin akan membangun infrastruktur desa pada bulan Juni dan Juli nanti, disusul Kotabaru dan Hulu Sungai Tengah di bulan Oktober.

“Pengerjaan itu dilaksanakan secara bertahap dikarenakan harus dilakukan monitoring untuk mengetahui bangunan yang layak direhabilitasi,” tukas Zulkifli. MC Kalsel/Ar

Mungkin Anda Menyukai