Kalsel Dapatkan Penghargaan Pembina K3 Selama 5 Tahun Berturut-turut

Kepala Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi (Disnakertrans) Provinsi Kalimantan Selatan, Siswansyah saat ditemui Media Center, Banjarmasin, Selasa (4/5/2021). MC Kalsel/usu

Beberapa waktu lalu Kementerian Tenaga Kerja (Kemenaker) memberikan anugerah pembina Penghargaan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) terbaik tahun 2021, kepada 16 Gubernur di Indonesia pada hari Rabu (28/4) di Jakarta.

Penghargaan pembina Keselamatan dan Keseharan Kerja (K3) langsung diserahkan oleh Menteri Tenaga Kerja, Ida Fauziah kepada Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Selatan, Roy Rizali Anwar mewakili Pj Gubernur Kalimantan Selatan.

“Penghargaan ini telah diraih selama 5 tahun berturut-turut mulai dari tahun 2017 pada awal masa jabatan Gubernur, Sahbirin Noor sampai dengan tahun 2021 saat dijabat Pj Gubernur, Safrizal ZA,” ucap Kepala Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi (Disnakertrans) Provinsi Kalimantan Selatan, Siswansyah, Banjarmasin, Selasa (4/5/2021).

Tahapan seleksi penghargaan Pembina K3 ini dengan cara tim independen dari kementerian bersama tim ahli melakulan verifikasi terhadap K3 ke seluruh perusahaan yang ada di indonesia.

“Di Kalimantan Selatan sendiri ada sekitar 97 perusahaan yang menghimpun banyak tenaga kerja yang kita lakukan verifikasi tidak terjadi kecelakaan kerja atau zero accident dan tahun ini sendiri ada peningkatan sekitar 20% perusahaan yang tidak ada kecelakaan kerja dari tahun sebelumnya,” tambahnya.

Maka dari itu, Provinsi Kalimantan Selatan masuk ke jajaran 10 besar dalam penghargaan pembina Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) pada tahun 2021.

“Alhamdulillah kita berada di peringkat ke-7 dari 34 Provinsi yang ada di Indonesia,”tuturnya.

Siswansyah juga mengatakan, prestasi yang telah diraih ini tidak serta merta asal jadi tetapi perlu proses setiap tahunnya.

“Kita selalu melakukan kerjasama dengan perusahaan yang ada di Kalimantan Selatan supaya perusahaan tersebut selalu menjaga keselamatan dan kesehatan para pekerja, dan juga selalu memotivasi setiap perusahaan agar tetap mempertahankan zero accident. Kalau perlu tiap tahun selalu bertambah perusahaan yang tingkat kecelakaan kerjanya tidak ada,” pungkasnya. MC Kalsel/usu

Mungkin Anda Menyukai