Permudah Edukasi Kemasyarakat, Dinas Kesehatan Kalsel Luncurkan Aplikasi KIE Siap Germas

Dinas Kesehatan Provinsi Kalsel meluncurkan Aplikasi Aksi Perubahan Komunikasi, Informasi dan Edukasi Berbasis (KIE) Siap Germas di Hotel Berbintang, Banjarmasin, Kamis (29/4/2021). MC Kalsel/tgh

Guna mempermudah laporan kegiatan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat, Dinas Kesehatan Provinsi Kalsel meluncurkan Aplikasi Aksi Perubahan Komunikasi, Informasi dan Edukasi Berbasis (KIE) Siap Germas di Hotel Berbintang, Banjarmasin.

Launching aplikasi tersebut dilakukan langsung oleh Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kalsel, M. Muslim pada kegiatan Orientasi Tenaga Promosi Kesehatan Bagi Kabupaten/Kota (Puskesmas) Tingkat Provinsi Kalsel.

Kepala Dinas Kesehatan Kalsel, M. Muslim mengatakan KIE Siap Germas ini merupakan sebuah aplikasi yang dapat memantau dan menyusun laporan kegiatan pelaksanaan Germas dimasyarakat.

“KIE Siap Germas ini mampu memberikan semacam komunikasi, infomasi dan edukasi kepada masyarakat terkait kegiatan gerakan masyarakat hidup sehat,” kata Muslim, Kamis (29/4/2021).

Menurutnya, Germas merupakan salah satu upaya untuk mencegah COVID-19. Karena Germas itu ada salah satunya deteksi dini. Kemudian disana juga ada namanya cuci tangan pakai sabun dan lainnya.

“Jadi aplikasi ini sebuah inovasi yang dilakukan oleh teman – teman Dinas Kesehatan Kalsel dengan harapan agar promosi kesehatan kita semakin baik dan semakin meningkat kualitasnya,” ujarnya.

Dikesempatan yang sama, Kepala Seksi Promosi dan Pemberdayaan Masyarakat Dinas Kesehatan Kalsel, Abdul Basit, menambahkan, keunggulan aplikasi ini agar masyarakat dapat mengakses apa yang ingin diketahui masyarakat tentang kesehatan. “Di dalamnya juga memantau status kesehatan masyarakat untuk melakukan pola hidup sehat,” ungkapnya.

Untuk diketahui peserta terdiri dari 13 Kabupaten/Kota di Kalsel berjumlah 39  orang, dan 10 orang peserta Provinsi, dan peserta tak terbatas 100 orang melalui zoom dan sisanya melalui youtube Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Selatan dan kegiatan diselenggarakan selama tiga hari terhitung dari tanggal 28-30 April 2021. MC Kalsel/tgh

Mungkin Anda Menyukai