Bantu Pemeriksaan COVID-19, BBTKLPP Lepas Keberangkatan Mobil Laboratorium Bergerak Surveilans ke Kota Tarakan

Kepala Balai Besar Teknik Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit (BBTKLPP) Banjarbaru, Slamet Mulsiswanto melepas keberangkatan Tim Predator Mobil Laboratorium Bergerak Surveilans menuju Kota Tarakan Nunukan, Kalimantan Utara, di depan Kantor BBTKLPP Banjarbaru, Kamis (29/4/2021). MC Kalsel/tgh

Kepala Balai Besar Teknik Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit (BBTKLPP) Banjarbaru, Slamet Mulsiswanto melepas keberangkatan Tim Predator Mobil Laboratorium Bergerak Surveilans menuju Kota Tarakan Nunukan, Kalimantan Utara, di depan Kantor BBTKLPP Banjarbaru.

“Hari ini kami lepas Tim Predator Lab Surveilan Bergerak menuju Tarakan Nunukan, semoga Tim ASN BBTKLPP Banjarbaru diberikan keselamatan dan kelancaran sampai tujuan dan melaksanakan tugas negara untuk turut membantu pengecekan kesehatan bagi Pekerja Migran Indonesia (PMI),” kata Slamet, Kamis (29/4/2021).

Menurutnya, keikutan serta mobil ini berdasarkan kebijakan Dirjen imigrasi bahwa Pelabuhan Nunukan sebagai pintu masuk negara kekarantinaan kesehatan bagi pemulangan PMI yang berada di Malaysia dan Philipina.   

Jadi berdasarkan hasil rapat bersama pimpinan melalui Vidcon bersama Kasatker UPT Ditjen P2P dan adanya Surat Dirjen P2P SR. 03.04/11/1084/2021 tgl 28 April 2021 tentang Pelaporan penanganan kedatangan WNA dan WNI (PMI), bahwa Pelabuhan Nunukan sebagai pintu masuk negara Kekarantinaan kesehatan. 

“Berdasarkan surat itu kami diintruksikan pimpinan bahwa mobil lab bergerak surveilan predator harus mendukung kegiatan di wilayah layanan BBTKLPP,” ungkapnya.

Selain itu juga, info surat terbaru dari Konsulat Malaysia akan tiba sekitar 200 orang pada tanggal 30 April, selama lockdown, jadwal kepulangan PMI tidak bisa terjadwal atau dipastikan kapan akan datang. Sedangkan Info tahun yang lalu estimasi sekitar 5000-6000 orang per tahun datang lewat Pelabuhan Laut Nunukan.

“Semoga Tim kami bisa membantu secara maksimal dan ASN kami dalam perjalanan diberikan keselamatan, kekuatan, kelancaran sampai tujuan. Dengan harapan semoga pelabuhan laut nunukan menjadi pemulangan PMI dan terkendali tertib, aman nyaman sebagai wujud Indonesia bersatu,” tuturnya.

Slamet mengungkapkan Mobil Laboratorium Bergerak Surveilans ini sebelumnya pada tanggal 29 maret 2021 juga telah menjalankan tugas ke Provinsi Kalteng untuk membantu penanganan pemeriksaan COVID-19 dengan PCR dan Tim Predator Lab bergerak Surveilan ke Kalteng dalam rangka Kunjungan Kerja Wakil Presiden, Ma’aruf Amin ke Muara Teweh untuk peresmian Bandara H M Sidik. 

Untuk diketahui mobil tersebut dilengkapi dengan alat pemeriksaan COVID-19, seperti Polymerase Chain Reaction (PCR), Tes Cepat Molekuler (TCM), mesin ekstraksi, PSL-2, PSC, reagen dan memiliki 6 kursi termasuk driver dan petugas teknisi kelistrikan, tenaga Laboratorium, tenaga epistemologi, tenaga sistem pelaporan. MC Kalsel/tgh

Mungkin Anda Menyukai

 


 

Pemprov Kalsel Perlu
Pendapat Anda!


Terima kasih telah mengakses portal berita kami.
Kesediaan anda mengisi survei kepuasan
sangat membantu kami untuk mengevaluasi
penyelenggaraan Informasi dan Komunikasi Publik (IKP) tahun 2022
demi kemajuan pembangunan di Kalimantan Selatan.

 

 


Ya, Saya Bersedia

 

Tidak, terima kasih