BKOM Kalsel Gelar Tes Kebugaran Jasmani Bagi Lansia

Balai Kesehatan Olahraga Masyarakat (BKOM) Provinsi Kalsel menggelar pemeriksaan kebugaran dan pemeriksaan kesehatan bagi masyarakat lanjut usia (Lansia), di halaman Kantor Kecamatan Banjarmasin Selatan, Selasa (16/3/2021). MC Kalsel/tgh

Balai Kesehatan Olahraga Masyarakat (BKOM) Provinsi Kalsel menggelar pemeriksaan kebugaran dan pemeriksaan kesehatan bagi masyarakat usia lanjut  (Lansia).

Kegiatan yang dilaksanakan Selasa (16/3/2021) di halaman Kantor Kecamatan Banjarmasin Selatan disambut antusias dengan hadirnya puluhan peserta.

Kepala BKOM Kalsel, Agus Salim Moduto mengatakan kegiatan yang digelar hari ini berupa tes kebugaran bagi Lansia dan cek kesehatan gratis yang merupakan bagian dari kegiatan rutin. Ini upaya preventif untuk mengkampanyekan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas).

“Pengukuran kebugaran kami lakukan untuk mengetahui tingkat kebugaran dan kesehatan ASN para Lansia di lingkungan kecamatan Banjarmasin selatan yang dibina oleh puskesmas setempat. Kami mengucapkan terimakasih kepada Dinas Kesehatan Kota Banjarmasin yang telah memberikan izin melakukan kegiatan. Jika semua orang bugar, tentu dapat memiliki tingkat imunitas yang tinggi,” ujar Agus.

Menurutnya, prinsip pengukuran yang digunakan dalam tes kebugaran bagi lansia kali ini adalah dengan tes jalan selama 6 menit.

“Para lansia diminta untuk lari selama 6 menit. Hal tersebut dilakukan untuk melihat sejauh mana tubuh memanfaatkan oksigen di dalam tubuh,” katanya.

Ia berharap kegiatan tes kebugaran ini dapat dilaksanakan di puskesmas. Karena kegiatan ini sebenarnya harus dilaksanakan oleh puskesmas Kabupaten/Kota. Namun pada kenyataannya, tenaga-tenaga puskesmas belum mampu melaksanakannya walau terbatas SDM.

“Kami berharap, jangan sampai Kalsel melalui Dinas Kesehatan Provinsi Kalsel dalam laporannya bahwa kegiatan tes kebugaran tidak ada. Karena puskesmas sebagai pembina wilayah dan pada saat lansia atau pekerja yang datang ke puskesmas rutin 3 bulan sekali bisa dilakukan evaluasi terhadap kebugaran mereka,” ungkapnya. MC Kalsel/tgh

Mungkin Anda Menyukai