Diskominfo Kalsel Gali Pengelolaan KIM di Batola

Kepala Diskominfo Batola, Akhmad Wahyuni, memberikan keterangan terkait pengelolaan KIM dan Media Center, Barito Kuala, Selasa (24/11/2020). MC Kalsel/Mau

Dalam rangka menjalin kemitraan dengan pemangku kepentingan, Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kalimantan Selatan menggali informasi terkait perkembangan Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) yang dikelola Diskominfo Barito Kuala.

“KIM merupakan salah satu pemangku kepentingan selain kelompok media tradisional, komunitas pembuat konten positif, dan kelompok strategis. KIM Barito Kuala merupakan salah satu yang aktif di Kalsel,” kata Kepala Seksi Sumber Daya Komunikasi Publik dan Kehumasan Diskominfo Kalsel, Agustini Qamariah, Barito Kuala, Selasa (24/11/2020).

Dalam pengelolaannya, Kepala Diskominfo Barito Kuala, Akhmad Wahyuni, mengatakan pihaknya berupaya meningkatkan pola pembinaan KIM sebagai wahana pembinaan sumber daya manusia.

“Kami juga berupaya meningkatkan koordinasi, integrasi, dan sinkronisasi pembinaan KIM secara terpadu dan meningkatkan peran KIM sebagai wahana penggerak partisipasi aktif masyarakat dalam hal penyampai informasi dan penyalur aspirasi masyarakat,” ujar Wahyuni.

Pada tahun 2019, Diskominfo Barito Kuala berhasil membentuk enam KIM atau total keseluruhan 11 KIM sejak mulai dibentuk pada tahun 2017 lalu.

Sementara itu, terkait penyebarluasan informasi pembangunan melalui Media Center, Wahyuni mengakui masih mengalami sejumlah kendala, seperti keterbatasan sumber saya manusia, juga sarana dan prasarana.

Sebagai alternatif, pihaknya menggunakan media sosial untuk memberitakan tentang pemerintahan di Barito Kuala.

“Saat ini, kami masih belum memiliki website khusus Media Center karena masih fokus pada pembangunan infrastruktur jaringan. Mudah-mudahan tahun depan bisa direalisasikan,” kata Wahyuni. MC Kalsel/Mau/AY

Mungkin Anda Menyukai