Bawaslu Kabupaten Banjar Terus Tingkatkan Pengawasan Menjelang Pilkada

Anggota Komisioner Bidang Koordinator Divisi Penyelesaian Sengketa, Bawaslu Kabupaten Banjar, Ramliannoor saat menyampaikan kesiapan penyelenggaraan Pilkada di Kabupaten Banjar, Selasa (24/11/2020). MC Kalsel/Rol

Bawaslu Kabupaten Banjar terus meningkatkan pengawasan dari Kecamatan hingga tingkat TPS.

Anggota Komisioner Bidang Koordinator Divisi Penyelesaian Sengketa, Kantor Bawaslu Wilayah Kabupaten Banjar, Ramliannoor mengatakan kesiapan sudah terpenuhi di 1.273 TPS yang ada di Kabupaten Banjar.

“Bawaslu juga memberikan bimbingan teknis kepada seluruh jajaran dimulai dari tingkat Kecamatan sampai pengawas TPS. Bimbingan teknis ini meliputi pelaksanaan pengawasan pada Pilkada maupun pelaksanaan kampanye yang masih berjalan,” kata Ramliannoor, Banjar, Selasa (24/11/2020).

Terkait distribusi logistik di Kabupaten Banjar, berdasarkan hasil pengawasan, baru pada proses pelipatan surat suara Gubernur dan Wakil Gubernur di wilayah Kabupaten Banjar.

“Rencananya hari ini masih menunggu kelengkapan logistik lainnya seperti sampul yang masih belum tiba ke logistik KPU Kabupaten Banjar,  sehingga akan diproses ke dalam kotak yang akan didistribusikan ke Kecamatan terdekat terlebih dahulu untuk mengurangi penumpukan di gudang logistik,” imbuhnya.

Selain itu, Bawaslu memastikan kepada semua pengawas agar selalu disiplin mematuhi protokol kesehatan Covid-19.

“Kita diberikan fasilitas berupa alat pelindung diri dan masker dari Bawaslu RI. Jadi, tanggal 26 November 2020 juga akan dilaksanakan rapid test bagi seluruh sebagai antisipasi penyebaran Covid-19,” tambahnya.

Kemudian, ia memberitahukan bahwa masa tenang dari tanggal 6 s.d 8 November 2020, diharapkan tidak ada kegiatan kampanye dalam bentuk apapun, baik melalui alat peraga maupun dari sosialisasi atau dialog tatap muka.

“Oleh karena itu, Bawaslu Kabupaten Banjar sudah berkoordinasi dengan stake holder untuk memastikan sudah bersih alat peraga kampanye para pasangan calon,” tuturnya.

Ramliannoor juga menghimbau kepada masyarakat agar saat pencoblosan di TPS, untuk mengutamakan protokol kesehatan Covid-19.

“Hal ini telah dilakukan simulasi oleh pihak KPU untuk berkomitmen untuk menjaga protokol kesehatan, baik dari sisi jaga jarak, mencuci tangan, dan pakai masker,” tutupnya. MC Kalsel/Rol

Mungkin Anda Menyukai