Dinas Koperasi dan UKM Kalsel Bekerja Sama Dengan Telkomsel Menunjang Perkembangan UMKM

Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kalsel, Gustafa Yandi di kantor PT Telkomsel di Banjarmasin, Rabu (10/3/2021). MC Kalsel/Fuz

Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan, melalui Dinas Koperasi dan UKM, Kalsel melakukan Penandatanganan Kesepahaman sebagai wujud kerja sama melalui Signing MoU virtual Paket UMKM dan SMS Blast, dengan 99% Usahaku.

Penandatanganan ini dilakukan melalui virtual yang dilakukan oleh Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kalsel, Gustafa Yandi di kantor PT Telkomsel di Banjarmasin dengan Telkomsel VP Area Account Managemen, Ericsson Sibagariang yang sedang berada di Bali, Rabu (10/3/2021).

Kegiatan ini mendapat apresiasi oleh kedua pihak sebagai wujud kerja sama untuk membina UMKM di Kalsel agar dapat masuk ke dunia digitalisasi.

“Tentunya bagaimana kita mengarahkan penggiat UMKM Kalsel bisa masuk ke dunia digitalisasi, kita harus memfasilitasi karena kami tidak bisa melakukan sendiri dan harus ada bermitra dengan stakeholder yang lainnya untuk itu,” ujar Yandi.

Layanan yang akan diberikan kepada UMKM Kalsel berupa platform yang dinamai 99% Usahaku. Melalui ini nantinya dapat dimanfaatkan oleh seluruh penggiat UMKM di Kalsel untuk menunjang perkembangan usahanya. 

“Alhamdulillah Telkomsel sudah punya niat yang sangat baik sekali bisa memfasilitasi, sehingga produk-produk yang dipasarkan, dipromosikan oleh UMKM 

itu bisa masuk ke platform 99% Usahaku, kemudian juga memfasilitasi paket khusus untuk pembelian kuota sehingga penggiat UMKM bisa eksis masuk ke dunia digitalisasi,” tambah Yandi.

Sementara itu Mgr. Branch Banjarmasin, Teuku Dhani Al Ramdani yang turut mendampingi MoU ini menjelaskan terkait teknis pemanfaatan dari 99% Usahaku serta layanan paket komunikasi tersebut.

“Layanan ini untuk bisa membantu para penggiat UMKM, sehingga bisa mempermudah dan melancarkan usahanya, cukup melakukan download aplikasi 99% Usahaku dan langsung daftarkan usaha, serta berbagai macam item produk yang bisa ditawarkan kepada pelanggan,” kata Teuku Dhani. 

Sedangkan persyaratan untuk penggunaan 99% Usahaku tidak ada persyaratan khusus, sedangkan jika terjadi kendala pada saat proses pendaftaran maka nantinya akan dilakukan bimbingan atau pelatihan.

“Selain mempermudah pemasaran produk, tambahan paket data kombo bisa juga dapat digunakan selain untuk internet komunikasi paket data untuk internet serta SMS, kemudian juga ada SMS blast yang bisa digunakan untuk menginformasikan terkait dengan lokasi dan bentuk usaha yang dimiliki,” tutup Teuku. MC Kalsel/Fuz

Mungkin Anda Menyukai