BKOM Kalsel Sosialisasikan Aplikasi Sistem Informasi Pengukuran Kebugaran Bagi Pegawai


Dinas Kesehatan Provinsi Kalsel melalui UPT Balai Kesehatan Olahraga Masyarakat (BKOM) mengadakan Sosialisasi pemanfaatan Aplikasi Sistem Informasi Pengukuran Kebugaran (SIPGAR) bagi pekerja pada institusi, di Kantor BNNP Kalsel, Senin (8/3/2021). MC Kalsel/dok

Dinas Kesehatan Provinsi Kalsel melalui UPT Balai Kesehatan Olahraga Masyarakat (BKOM) mengadakan sosialisasi pemanfaatan aplikasi Sistem Informasi Pengukuran Kebugaran (SIPGAR) bagi pekerja pada institusi di Kantor BNNP Kalsel.

Kepala BKOM Kalimantan Selatan, Agus Moduto mengatakan Aplikasi SIPGAR merupakan aplikasi pencatatan pemeriksaan kondisi fisik seseorang yang dilakukan dalam kurun waktu tertentu dengan menggunakan metode Rockport. Aplikasi ini dapat diunduh di Playstore, sehingga semakin mudah digunakan untuk olahraga di mana saja dan kapan pun.

“Jadi ini sebuah aplikasi pemeriksaan kebugaran yang dikeluarkan oleh Kementerian Kesehatan RI melalui Direktorat Kesehatan Kerja dan Olahraga sebagai alternatif dalam pemeriksaan kebugaran jasmani secara mandiri selama pandemi COVID-19,” kata Agus, Senin (8/3/2021).

Oleh karena itu, nanti dalam pelaksanaan tes kebugaran jasmani melalui SIPGAR tetap menerapkan protokol kesehatan yaitu dengan pencegahan dan pengendalian Infeksi (IPP), menjaga jarak aman 1-2 meter, menggunakan masker dan sesuai pedoman PPKM.

“Dalam pelaksanaan tes kebugaran jasmani melalui SIPGAR tetap menerapkan prokes ketat,” ucap dia.

Menurutnya, Sistem Informasi Pengukuran Kebugaran mengingatkan seluruh pegawai dan masyarakat luas untuk lebih peduli terhadap kesehatan. Salah satu cara mudah, yang bisa dilakukan masyarakat untuk memulai gaya hidup sehat, adalah rutin berolahraga. Dengan berbagai manfaat yang didapatkan, olahraga mampu mencetak generasi sehat dan bugar. “Kami dari jajaran kesehatan, kegiatan kita adalah membangun orang yang sehat bukan menyembuhkan orang yang sakit,” ungkapnya.

Ia berharap pengenalan aplikasi SIPGAR dapat mendorong seluruh pegawai dan masyarakat untuk semakin rutin berolahraga guna meningkatkan kebugaran dan imunitas tubuh. 

“Mudah-mudahan ini dapat meningkatkan seluruh pegawai untuk kembali berolahraga, sebelum kita mengajak masyarakat kita sendiri,” tuturnya.

Untuk itu, ia mengajak kepada seluruh pegawai SKPD dan masyarakat agar rutin aktivitas fisik. Olahraga yang dianjurkan selama 30 menit perhari seperti aktivitas fisik termasuk kegiatan dari Program Gerakan Masyarakat Sehat (Germas) yang terus digalakkan oleh pemerintah. 

“Ayo habiskan waktu lebih banyak untuk hidup lebih sehat, sembuh dari sakit dengan cara olahraga yang sepeti dikatakan WHO yaitu 30 menit perhari selama lima hari dalam seminggu,” jelasnya.

Untuk diketahui, tahun 2021 UPT Balai Kesehatan Olahraga Masyarakat (BKOM) Kalsel melakukan kegiatan sosialisasi Aplikasi SIPGAR menyasar 25 SKPD Kalsel termasuk institusi swasta atau BUMN/BUMD. MC Kalsel/tgh

Mungkin Anda Menyukai