Sasar Lansia dan Petugas Pelayanan Publik, Pemprov Kalsel Gelar Vaksinasi Tahap Kedua

Tokoh agama dilakukan vaksinasi COVID-19 di Gedung Mahligai Pancasila Banjarmasin, Rabu (3/3/2021). MC Kalsel/tgh

Pemerintah Provinsi Kalsel menggelar Vaksinasi COVID-19 tahap kedua bagi Lansia, DPRD, TNI, Polri, Kejaksaan Tinggi, Wartawan, PGRI, Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat di Gedung Mahligai Pancasila, Banjarmasin.

Dalam sambutannya, Pj Gubernur Kalsel, Safrizal ZA mengatakan sasaran penerima vaksin tahap kedua yakni orang dalam keadaan rentan seperti lansia dan pelayanan publik. 

“Mereka akan disuntik vaksin produksi Bio Farma secara bertahap, dalam rentang jadwal yang telah ditetapkan,” ujarnya, Rabu (3/3/2021).

Oleh karena itu, vaksinasi tahap kedua ini diharapkan dilaksanakan secepatnya dan nanti akan diterbitkan surat edaran Gubernur Kalsel kepada Bupati/Wali Kota agar dapat memulai pelaksanaan vaksinasi secara massal.

“Vaksinasi akn ditentukan tempatnya seperti Gedung, aul dan lainnya untuk skala besar dan tidak akan menimbulkan orang banyak,” ungkapnya.

Menurutnya, dua hal yang dapat menghilangkan pandemi adalah adanya vaksin atau melemahnya virus. Karenanya, upaya ini adalah usaha untuk mengakhiri terjadinya wabah virus yang menular di berbagai belahan dunia. 

“Targetnya adalah 70 persen dari komunitas memiliki kekebalan. Harapan kita, Kalsel terdepan dalam memperoleh herd immunity. Karena kita telah termasuk berusaha keras dalam mengusahakan kesehatan,” ucapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kalsel, M. Muslim menambahkan vaksinasi tahap kedua terutama pada termin satu sebanyak 174.574 penerima dosis dengan sasaran 52,4 persen lansia dan 47,6 persen petugas pelayanan publik.

“Jadi Kalsel mendapatkan Vaksinasi tahap kedua Kalsel sebesar 69 ribu atau 39 ribu tahap pertama ini,” kata Muslim.

Menurutnya vaksinasi bagi lansia dan pelayanan publik tahap pertama untuk 4 wilayah prioritas yaitu Kabupaten Banjar, Barito Kuala, Banjarmasin dan Banjarbaru. 

“Jadi Banjarmasin adalah target terbesar, karena penduduknya banyak dan angka kasusnya tertinggi dan peluncuran vaksinasi COVID-19 kepada masyarakat umum juga akan serentak dilakukan di seluruh Kabupaten/Kota se-Kalsel nantinya,” pungkasnya. MC Kalsel/tgh

Mungkin Anda Menyukai