Dinas PMD Kalsel Peduli Banjir di Banjarbaru dan Kabupaten Banjar

Jajaran Dinas PMD Kalsel mendistribusikan bantuan bagi warga terdampak banjir. Dinas PMD Kalsel/MC Kalsel/dok

Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kalimantan Selatan turut menunjukkan kepedulian bagi warga terdampak banjir, dengan mengumpulkan bantuan berupa uang tunai dan kebutuhan lainnya.

Bantuan yang telah terkumpul seperti uang tunai Rp8.950.000,00 hingga makanan seperti roti, mie instan, obat-obatan, dan perlengkapan bayi telah didistribusikan ke Kecamatan Cempaka (Banjarbaru) serta Desa Karang Intan, Desa Bincau, Desa Antasan Senor, Desa Pasayangan, Kelurahan Jawa, Desa Tunggul Irang, dan Desa Indrasari (Kabupaten Banjar) sejak tanggal 15 Januari lalu.

Selain menyalurkan bantuan, Kepala Dinas PMD Kalsel, Zulkifli, juga telah meminta pendamping desa untuk menginformasikan dampak yang timbul akibat banjir.

“Bagi tim pendamping desa agar bisa mendata kerusakan yang terjadi akibat banjir, seperti berapa rumah yang rusak, Kepala Keluarga yang terdampak dan ada berapa korban,” kata Zulkifli, Banjarbaru, Selasa (19/1/2021).

Kemudian, Zulkifli pun tengah mengupayakan agar dana desa bisa digunakan dalam penanganan banjir yang saat ini melanda 11 kabupaten/kota di Kalsel.

“Jadi, Pemerintah Kabupaten bisa segera membuatkan regulasi tentang pelaksanaan dana desa, karena itu memerlukan Peraturan Bupati untuk pencairannya,” kata Zulkifli. MC Kalsel/Ar

Mungkin Anda Menyukai