BPSMD Disdag Kalsel Kembangkan Pengujian Garam Beryodium

Kepala BPSMB Disdag Kalsel, Tanwiriah, memberikan keterangan terkait pengembangan layanan BPSMB Kalsel, Banjarbaru, Senin (7/12/2020). MC Kalsel/scw

Setelah berhasil melampaui sejumlah target jelang akhir tahun 2020, Balai Pengujian dan Sertifikasi Mutu Barang (BPSMB) Dinas Perdagangan (Disdag) Kalimantan Selatan, berupaya untuk terus mengembangkan lingkup pelayanan, salah satunya dengan pengujian garam beryodium.

“Di lingkup pengujian kami mencoba mengembangkan pengujian garam beryodium dengan pengujian arang,” kata Kepala BPSMB Disdag Kalsel, Tanwiriah, Banjarbaru, Senin (7/12/2020).

Terkait hal tersebut, Tanwiriah mengatakan pihaknya akan segera mengupayakan untuk mendapat akreditasi dari Komite Akreditasi Nasional (KAN) dalam hal pengujian garam beryodium, agar diakui secara nasional maupun internasional.

Selain itu, lanjut Tanwiriah, BPSMD Disdag Kalsel juga tengah fokus untuk menjangkau perusahaan besar agar dapat bekerja sama. Tanwiriah pun menyebutkan pihaknya memiliki alat termutakhir untuk mengukur massa suatu benda dengan akurasi tertentu (analitycal balance).

“Mudah-mudahan kita dapat melakukan pendekatan, agar perusahaan yang ada di Kalimantan Selatan tidak perlu lagi ke luar daerah, sehingga akan semakin banyak perusahaan besar atau instansi pemerintah ataupun masyarakat yang menggunakan jasa BPSMB Disdag Kalsel,” harap Tanwiriah. MC Kalsel/scw

Mungkin Anda Menyukai