Belum Ada Kasus Hepatitis, RSUD Ulin Imbau Masyarakat Selalu Terapkan Pola Hidup Bersih dan Sehat

Direktur RSUD Ulin Banjarmasin, Izaak Zoelkarnain Akbar di ruang kerjanya, Banjarmasin, Senin (9/5/2022). MC Kalsel/usu

Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Ulin Banjarmasin mengimbau seluruh masyarakat agar terus menerapkan pola hidup bersih dan sehat supaya menghindari penyakit hepatitis akut misterius yang belakangan ini menyebar di Indonesia.

Direktur RSUD Ulin Banjarmasin, Izaak Zoelkarnain Akbar mengungkapkan sampai hari ini, belum ada pasien yang terkena  penyakit hepatitis misterius akut ini.

“Kabar gembira yang kami dapat dari bagian anak di Rumah Sakit, bahwa mereka belum mendapati pasien yang terkena hepatitis akut misterius pada anak-anak,” ucapnya, Banjarmasin, Senin (9/5/2022). 

Pihaknya mengatakan, penyakit ini biasanya menyerang anak-anak yang berusia di bawah 16 tahun dengan beberapa gejala awal seperti mengalami diaer, mual dan muntah disertai dengan demam.

“Apabila ada anak-anak yang mengalami gejala tersebut, maka untuk orang tua agar segera melakukan pemeriksaan di Puskesmas atau rumah sakit terdekat,” tegasnya.

Apabila gejala tersebut sudah muncul, segera ditangani dengan cepat, jangan sampai terlambat yang membuat kecil kemungkinan dokter bisa menangani.

Lanjut, Izaak menambahkan, walaupun semua harus waspada dengan penyakit hepatitis misterius akut ini, akan tetapi masyarakat diimbau untuk tidak panik.

“Kita bisa melakukan dengan beberapa pencegahan yaitu memastikan makanan dalam keadaan matang dan bersih, tidak memakai alat makan bersamaan, selalu mencuci tangan, menghindari kontak dengan orang sakit dan tidak lupa agar selalu memakai masker,” pungkasnya. MC Kalsel/usu

Mungkin Anda Menyukai