SPDN Pagatan Besar, Potret Pertamina Dalam Melayani

Pertamina salurkan BBM di Solar Packed Dealer Nelayan (SPDN) Nely Karina Desa Pagatan Besar, Kecamatan Tabanio, Kabupaten Tanah Laut, Sabtu (17/10/2020). Pelayanan ini untuk memberikan kemudahan akses dan kepastian pasokan untuk nelayan yang berhak mendapatkan BBM bersubsidi. MC Kalsel/Fuz

BBM merupakan kebutuhan utama nelayan untuk menangkap ikan di laut. Untuk mendapatkan BBM bersubsidi, keberadaan Solar Packed Dealer Nelayan atau SPDN sangat membantu bagi nelayan Desa Pagatan Besar Kecamatan Tabanio, Kabupaten Tanah Laut dalam mendapatkan BBM solar bersubsidi.

Menurut salah seorang nelayan, H. Saubani dalam sekali berangkat melaut mereka membutuhkan hingga dua drum BBM jenis Bio Solar. Kebutuhan BBM ini merupakan sesuatu yang sangat penting bagi mereka.

“Kami dalam sekali melaut bisa memerlukan waktu 10 hingga 15 hari. Sementara BBM yang dibutuhkan dengan kapal standar sekitar dua drum bahkan untuk kapal tertentu dengan mesin yang lebih besar bisa mencapai tiga drum,” ungkap H. Saubani yang ditemui saat mengambil BBM di SPDN Nely Karina, Sabtu (17/10/2020).

Begitu pula dengan nelayan lain, Nahwan juga mengaku sangat terbantu dengan adanya SPDN ini. Sehingga dirinya bisa mendapatkan BBM Bio Solar dengan harga subsidi yang bisa meringankan beban biaya melaut.

“Sejak adanya SPDN di desa kami, saya bisa mendapatkan BBM bersubsidi yang harganya sangat membantu para nelayan. Sehingga keuntungan dari hasil melaut masih bisa menghidupi keluarga,” tutur Nahwan saat ditemui di atas kapal miliknya.

Sementara itu, Sales Branch Manager V Pertamina Kalselteng Ayub Mukti Aditama mengatakan pelayanan SPDN memang untuk membantu kebutuhan BBM bersubsidi bagi nelayan. Hal ini sejalan dengan penugasan penting yang harus dilakukan Pertamina untuk pelayanan BBM bersubsidi agar bisa dirasakan semua lapisan masyarakat.

“Kami bangga bisa melayani para nelayan dalam memenuhi kebutuhan BBM bersubsidi. Hal ini sudah menjadi komitmen kami dan tugas Pertamina,” kata Ayub saat ditemui di Kantor Pertamina Banjarmasin.

Ayub juga menegaskan, Pertamina akan terus meningkatkan pelayanan dalam memastikan BBM bersubsidi bisa dinikmati masyarakat yang membutuhkan. Terlebih para nelayan yang memang sangat berharap BBM bersubsidi untuk melaut. Hal ini sebagai komitmen dan ketulusan Pertamina. MC Kalsel/Fuz

Mungkin Anda Menyukai