Kebun Raya Banua Kembangkan Fasilitas Untuk Menarik Wisatawan

Kepala Seksi Pengembangan dan Pemanfaatan, UPT (Unit Pelaksana Teknis) Kebun Raya Banua Kalimantan Selatan, Lisa Saviera saat memberikan keterangan terkait pengembangan fasilitas di Kebun Raya Banua, Banjarbaru, Jumat (4/9/2020). Mc Kalsel/Rol

Kebun Raya Banua terus mengembangkan fasilitas untuk menjadikan tempat berkreasi pilihan masyarakat.

Kepala Seksi Pengembangan dan Pemanfaatan, UPT (Unit Pelaksana Teknis) Kebun Raya Banua Kalimantan Selatan, Lisa Saviera mengatakan, kawasan Kebun Raya Banua menjadi wahana alternatif baru bagi masyarakat untuk berinteraksi dan berekreasi terutama pada hari libur.

“Kebun Raya Banua merupakan satu-satunya kebun raya yang ada di area perkantoran. Jarak menuju kesini dari pusat Kota Banjarbaru hanya 7 km, menjadikan Kebun Raya Banua pilihan berekreasi oleh masyarakat,” ucap Lisa Saviera, Banjarbaru, Jumat (4/9/2020).

Oleh karena itu, pihaknya melakukan tahap pembangunan terdiri dari kegiatan perencanaan dan kegiatan fisik untuk terus meningkatkan fasilitas yang ada di Kebun Raya Banua. Sumber dana untuk pembangunan berasal dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD), Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN), dan pihak lain.

“Adapun kegiatan fisik yang telah dilaksanakan seperti pondok kerja, rumah paranet, menara air, jaringan air, bangunan pos jaga, gazebo, pergola, bangku taman, toilet umum, gedung kantor pembibitan, jalan setapak, pintu gerbang, taman labirin, menara pandang, taman bromelia, gardu listrik, dan lainnya,” bebernya.

Selain itu, pihaknya terus melakukan promosi agar dapat menarik perhatian dan minat pengunjung.

“Jadi kami membuat kawasan embung seluas 4 hektare dengan menikmati pemandangan sekitar wilayah embung di Kebun Raya Banua. Tempat ini akan menjadi daya tarik bagi pengunjung, karena akan dibuat sebagus mungkin dan akan disediakan juga untuk spot foto,” tambahnya.

Untuk sementara ini, kawasan Kebun Raya Banua masih tertutup untuk pengunjung karena pandemi Covid-19. Tetapi, pihaknya terus mempercepat pembangunan agar setelah dibuka nanti, fasilitas yang telah dibangun siap untuk digunakan.

“Kegiatan pembangunan di Kebun Raya Banua tetap berlangsung sesuai dengan tugas dan fungsi walau ditengah pandemi Covid-19. Selain itu, setiap hari kita selalu menjaga keasrian disini, dengan cara memelihara tanaman-tanaman, membersihkan rumput, menyiram, dan lainnya,” tutupnya. Mc kalsel/Rol

Mungkin Anda Menyukai