PT Pertamina dan ACT Salurkan Tempat Cuci Tangan Portabel

PT Pertamina Banjarmasin bersama dengan Aksi Cepat Tanggap (ACT) Kalsel memberikan lima unit peralatan cuci tangan portabel bagi masyarakat Kelurahan Banjarmasin Barat, Kamis (30/4/2020). MC Kalsel/tgh

PT Pertamina Banjarmasin bersama dengan Aksi Cepat Tanggap (ACT) Kalsel memberikan lima unit peralatan cuci tangan portabel bagi masyarakat Kelurahan Banjarmasin Barat, Kamis (30/4/2020). Kegiatan ini dilakukan sebagai salah satu bentuk tindakan nyata dalam mendukung upaya pemerintah memerangi penyebaran virus corona (covid-19).

Integrated Terminal Manager PT Pertamina Banjarmasin, F Moris Wungubelen mengatakan kegiatan hari ini merupakan kolobirasi antara ACT Kalsel dengan Pertamina menyalurkan bantuan wastafel untuk 5 lokasi penempatan sesuai rekomendasi.

“Kami hari ini serahkan secara simbolis dua wastafel sisanya langsung ke lokasi. Ada 5 lokasi penempatan wastefel nantinya yaitu meliputi Puskesmas Pelambuan, Puskesmas Kuin Raya, Masjid Baiturrahman, Pasar Tungging dan kantor kelurahan Kuin Cerucuk,” bebernya.

Alasan memilih lokasi tersebut Kata ia karena saran dari ibu camat karlina dimana lokasi yang cocok untuk disalurkan bantuan ini. “Ini saran dari camat sendiri kita pilih lokasi yang berpotensi mendatangkan kerumunan masyarakat,” jelasnya.

Selain dari sisi kesehatan, PT Pertamina juga menyalurkan bantuan ekonomi bagi masyarakat yang berpenghasilan rendah seperti pekerja harian seperti tukang becak, ojek, buruh bangunan yang terdampak akibat virus covid-19.

“Kami salurkan bantuan sembako secara langsung (door to door) menggunakan kupon. Rencananya ada 508 paket sembako akan dibagikan pada 11 mei mendatang. Paket tersebut terdiri dari 10 kilogram beras, 2 liter minyak goreng, 1 kilogram gula pasir dan 1 rak telur,” ungkapnya.

Sementara itu Kepala Cabang ACT Kalsel, Zainal Arifin mengatakan selain memberikan bantuan wastafel ada beberapa program ACT untuk mendukung upaya pencegahan penularan virus Corona yang sudah dilakukan seperti melakukan penyemprotan disinfektan di 8 titik kota Banjarmasin dan rencana akan membagikan bantuan sembako dalam minggu ini.

“Sementara hari ini ACT kita berikan bantuan wastafel untuk banjarmasin barat. Tetapi nanti kalau ada kerja sama selajutnya akan menyasar ke semua kecamatan yang ada di Kota Banjarmasin,” ucapnya.

Dikesempatan yang sama Camat Banjarmasin Barat, Karlina mengatakan sangat mensupport sekali atas bantuan yang diberikan oleh PT Pertamina dan ACT.

“Bantuan wastafel tersebut sangat bermanfaat bagi masyarakat dan meedukasi agar masyarakat selalu mencuci tangan, ” katanya.

Ia berharap dengan adanya bantuan wastafel ini membiasakan masyarakat untuk selalu cuci tangan pakai sabun. Karenan dengan cara cuci tangan dapat mengurangi penyebaran virus covid-19.

“Diimbau kepada masyarakat saat keluar rumah maupun kemana saja, setelah pulang wajib untuk cuci tangan pakai sabun dan air mengalir. Hidup sehat dimulai dari diri sendiri, tetap jaga kebersihan lingkungan,” pungkasnya. MC Kalsel/tgh

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan