Disperin Kalsel Berupaya Majukan Industri Pengolahan Air Kelapa

Pelatihan Peningkatan Kompetensi SDM Industri dan Diversifikasi Produk Olahan dari Air Kelapa se-Kalsel, di Banjarmasin, Senin (24/5/2021). MC Kalsel/Ar

Melihat peluang dari air kelapa dan produk olahannya, Dinas Perindustrian (Disperin) Kalimantan Selatan berupaya memajukan sumber daya manusia (SDM) industri berbasis kompetensi dalam bidang diversifikasi produk olahan air kelapa.

Kepala Disperin Kalsel, Mahyuni mengatakan tuntutan mutu yang tinggi dari konsumen perlu dipenuhi oleh produsen kelapa, agar produk tersebut tetap menjadi pilihan masyarakat.

“Semakin meningkatnya tuntutan konsumen kelapa terhadap produk olahan dari air kelapa, maka akan semakin banyak diperlukan tenaga-tenaga SDM industri pengolahan air kelapa yang memiliki kompetensi memadai,” kata Mahyuni, di Banjarmasin, Senin (24/5/2021).

Mahyuni pun mengatakan, mutu air kelapa yang baik dapat diperoleh melalui proses pengolahan yang baik pula, dengan penampakan fisik air kelapa yang tidak keruh.

“Mudah-mudahan melalui pelatihan ini, SDM industri memiliki pengetahuan dan keterampilan baru dalam membuat produk olahan air kelapa dan juga menambah inovasi dalam mengolah hasil perkebunan kelapa mereka agar menjadi suatu produk yang memiliki nilai jual yang lebih tinggi dan memiliki variasi yang lebih menarik,” ujar Mahyuni. MC Kalsel/Ar

Mungkin Anda Menyukai