LOMBA KULINER

Lomba kuliner di halaman Sekda Kabupaten Banjar pada hari Kamis, (15/8/2019)

Lomba kuliner yang diselenggarakan di halaman Sekda Kabupaten Banjar pada hari Kamis, (15/8/2019) ini terselenggara atas kerjasama Dinas Ketahanan Pangan yang mengkoordinir Festival Pangan Lokal Beragam Bergizi Seimbang dan Aman (B2SA), Lomba Kudapan Ikan dari Dinas Perikanan Kabupaten Banjar dan Lomba Kue Tradisional oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Banjar.

Peserta lomba kuliner ini datang dari 19 kecamatan di Kabupaten Banjar dan 33 orang peserta dari SKPD lingkup Pemerintah Kabupaten Banjar.

Kasi penganekaragaman konsumsi dan keamanan pangan, Salmiah menjelaskan Festival pangan hari ini salah satu kriteria penilaian yaitu harus memenuhi B2SA yaitu makanan yang disajikan harus beragam tidak monoton itu itu saja, harus bisa mengembangkan kreatifitas dalam pengolahan makanan, kemudian bergizi seimbang yang dimaksud disini adalah apa yang kita makan harus sesuai dengan kebutuhan gizi sesuai usia kita dan yang terakhir adalah aman bila dikonsumsi tanpa mengandung bahan-bahan kimia dan yang terpenting adalah halal, para peserta hari ini juga dituntut bisa mengolah secara kreatif karbohidrat lain selain nasi seperti umbi umbian, serealia, dan sebagainya.

Festival pangan lokal B2SA, lomba kudapan ikan dan kue tradisional, dengan tema meningkatkan kreatifitas dan inovasi pengolahan hasil makan diharapkan dapat menumbuhkan kreatifitas dalam pengolahan pangan yg menarik dgn cita rasa yg enak dan bergizi, bisa meningkatkan perekonomian keluarga serta menumbuhkan rasa gemar makan ikan kepada anak karena dengan rajin mengkonsumsi ikan bisa menyehatkan anak, mencegah stunting, dan mencerdaskan anak.

Kue tradisional khas Banjar juga terus dikenalkan dan dikembangkan agar masyarakat luas bisa lebih mengetahuinya. MC Kalsel/Azmh

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *