Bangun Keselarasan, BKD Kalsel Hadirkan Inovasi e-Dialog Kinerja

Kepala BKD Kalsel, Sulkan. MC Kalsel Jml/dok

Belum lama ini, Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kalimantan Selatan meluncurkan aplikasi e-Dialog Kinerja yang berfungsi untuk menyelaraskan kinerja antara staf dengan atasan.

Kepala BKD Kalsel, Sulkan berharap penyelarasan melalui e-Dialog Kinerja mampu menghasilkan kinerja ASN yang sesuai dengan tujuan dan sasaran Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD), serta sasaran organisasi atau instansi.

“Urutannya sendiri mulai dari staf dengan Eselon IV, Eselon IV dengan Eselon III, Eselon III dengan Eselon II, dan Eselon II dengan RPJMD. Sebelum dibuat perjanjian kinerja, harus ada mekanisme penyelarasan kinerja, yang mana medianya melalui e-Dialog Kinerja,” kata Sulkan, Banjarbaru, Senin (24/5/2021).

Ditambahkan Sulkan, aplikasi e-Dialog Kinerja tidak berkaitan dengan penyederhanaan birokrasi, tetapi murni inovasi dari BKD Kalsel untuk meningkatkan kualitas ASN di Kalsel.

Aplikasi e-Dialog Kinerja sendiri memiliki berbagai fitur untuk menunjang kinerja ASN, di antaranya dapat menampilkan indikator untuk semua level jabatan di organisasi, memudahkan penyelarasan indikator kinerja utama ASN, merekam kebutuhan pengembangan kompetensi, merekam alat ukur atau rencana aksi keberhasilan kinerja, serta memberikan data rekomendasi pengembangan karir dan kompetensi.

“Terlebih sekarang ada PP yang baru, yakni PP Nomor 30 tahun 2019 tentang penilaian kinerja ASN. Jadi aplikasi ini juga bisa kami (BKD Kalsel) manfaatkan untuk memantau kinerja individu ASN,” tukas Sulkan. MC Kalsel/Jml

Mungkin Anda Menyukai