Pemprov Kalsel Fokus Kurangi Angka Pengangguran

Suasana Job Fair yang diselenggarakan Disnakertrans Kalsel, di Gedung Sultan Suriansyah, Banjarmasin, Rabu (26/2/2020). MC Kalsel/scw

Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan melalui Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi kembali menggelar Job Fair pada tanggal 26-28 Februari 2020 yang berlokasi di Gedung Sultan Suriansyah, Banjarmasin.

Job Fair tersebut diikuti 57 perusahaan yang menyediakan 2.962 lowongan pekerjaan yang terlibat meliputi sektor perbankan, otomotif, pertambangan, perkebunan dan lain sebagainya.

Gubernur Kalimantan Selatan, Sahbirin Noor mengatakan penanggulangan pengangguran harus terus didorong agar warga Kalimantan Selatan bisa mendapatkan pekerjaan, baik di dalam maupun di luar negeri.

“Sementara kita tahu penerimaan ASN sangat terbatas sekali, kadang-kadang syarat begitu ketat, namun ada perusahaan yang menampung dan menciptakan lowongan kerja dan ini patut diapresiasi,” kata Sahbirin, Banjarmasin, Rabu (26/2/2020).

Sahbirin berharap job fair tersebut dapat membantu para pengangguran di Kalimantan Selatan dalam mencari pekerjaan.

Sejalan dengan harapan Gubernur, Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kalimantan Selatan, Siswansyah berharap adanya Job Fair tersebut dapat mengurangi angka pengangguran di Kalimantan Selatan.

“Kami mengharapkan masyarakat dapat memanfaatkan Job Fair ini untuk mengurangi angka pengangguran di Banua kita,” ucap Siswansyah.

Berdasarkan data, persentase pengangguran di Kalimantan Selatan tahun 2019 berada pada angka 4,31 persen. Angka tersebut diatas standar nasional dan jika dilihat dari tingkat pendidikan, didominasi oleh lulusan SMA.

“Kami mengharapkan untuk dapat meningkatkan keterampilan. Dengan keterampilan kita bisa bekerja dan mencarikan lowongan kerja dan menjadi pionir untuk yang lain,” ujar dia.

Selain job fair, kegiatan juga dirangkai dengan penyerahan penghargaan Zero Accident oleh Gubernur Kalimantan Selatan Sahbirin Noor didampingi Ketua DPRD Kalimantan Selatan, Supian HK dan Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kalimantan Selatan, Siswansyah. Penghargaan diberikan sebagai bentuk apresiasi terhadap perusahaan-perusahaan yang menerapkan Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3). MC Kalsel/scw

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan