Peran Penting PKK dalam Mendukung Pelaksanaan Pembangunan

Asisten I Bidang Pemerintah Sekretariat Daerah Kalimantan Selatan, Siswansyah mewakili Gubernur Kalimantan Selatan menyampaikan sambutan sekaligus membuka acara Pelatihan Pemberdayaan Masyarakat (DAMAS) Tingkat Provinsi Kalimantan Selatan , di salah satu hotel berbintang, Banjarmasin, Senin (25/11/2019). MC Kalsel/scw

Tim Penggerak PKK Kalimantan Selatan melaksanakan kegiatan Pelatihan Pemberdayaan Masyarakat (DAMAS) Tingkat Provinsi Kalimantan Selatan, di salah satu hotel berbintang, Banjarmasin, Senin (25/11/2019).

Kegiatan tersebut dihadiri 117 kader PKK se-Kalimantan Selatan dan dibuka secara resmi oleh Asisten I Bidang Pemerintahan Sekretariat Daerah Kalimantan Selatan, Siswansyah, mewakili Gubernur Kalimantan Selatan, Sahbirin Noor.

Dalam sambutannya, Siswansyah mengatakan peran strategis tim penggerak PKK beserta kader sudah tidak bisa dipandang sebelah mata, karena merupakan salah satu pendukung pelaksanaan pembangunan.

“Tim penggerak PKK beserta kader adalah ujung tombak dalam mendukung pelaksanaan pembangunan, terutama terkait pemberdayaan dan kesejahteraan keluarga,” katanya.

Hingga saat ini, lanjut Siswansyah, PKK telah memberikan kontribusi khususnya terkait dengan pemberdayaan dan kesejahteraan.

“Gerakan PKK hadir dan menunjukkan peran penting dalam penurunan angka stunting, menggalakan program KB, menurunkan angka kematian bayi dan angka kematian ibu melahirkan, tanpa kecuali perannya dalam memberdayakan masyarakat,” ungkapnya.

Menurut Siswansyah, sebagai organisasi yang melibatkan masyarakat secara langsung, PKK memiliki kemampuan bergerak lebih cepat di masyarakat. Apalagi jaringan PKK sampai ke lapisan masyarakat yang paling bawah, yang dikenal dengan kelompok Dasa Wisma.

“Dalam pelaksanaan kegiatan peningkatan SDM kader-kader PKK, para penyelenggara harus menetapkan dengan cermat sasaran dan target yang ingin dicapai. Pelatihan sebaiknya fokus dan spesifik untuk keterampilan tertentu, termasuk pelatihan untuk meningkatkan kemampuan tim penggerak PKK dalam bidang pemberdayaan,” paparnya.

Siswansyah menuturkan, dengan meningkatnya wawasan dan keterampilan, para kader PKK akan lebih baik dalam memerankan tugasnya. Para kader harus pandai memberdayakan kelembagaan, cerdas dalam berinovasi, serta cepat tanggap terhadap situasi dan kondisi yang berkembang di masyarakat.

“Mudah-mudahan, dengan adanya kegiatan pelatihan ini, kemampuan tim penggerak PKK dan kader-kader PKK akan bertambah kuat, terbentuk konsolidasi, sinergi dan peningkatan kemampuan dalam mendorong pemberdayaan masyarakat,” pungkasnya. MC Kalsel/scw

Share and Enjoy !

0Shares
0 0

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *