Harus Kenali Menu B2SA

Menu makanan Beragam, Bergizi, Seimbang dan Aman (B2SA) sebagai sempel menu sehat untuk keluarga pada acara Lomba Menu Makanan Kudapan, Ikan dan Beragam, Bergizi, Seimbang dan Aman (B2SA) dalam rangka HUT Proklamasi Kemerdekaan RI ke-74 dan Hari Jadi Kabupaten Banjar ke-69 di Aula Kecamatan Karang Intan, Kabupaten Banjar, Kamis (25/7/2019). MC Kalsel/scw

Tim Penggerak PKK Kecamatan Karang Intan mengadakan kegiatan Lomba Menu Makanan Kudapan, Ikan dan Beragam, Bergizi, Seimbang dan Aman (B2SA) dalam rangka HUT Proklamasi Kemerdekaan RI ke-74 dan Hari Jadi Kabupaten Banjar ke-69 di aula Kecamatan Karang Intan, Kabupaten Banjar, Kamis (25/7/2019).

Kegiatan hadiri oleh Wakil Ketua 1 PKK Kabupaten Banjar Nur Gita Tias, beserta jajaran ibu – ibu PKK dari Kabupaten Banjar dan PKK kecamatan Karang Intan.

Ketua Tim Penggerak PKK Kecamatan Karang Intan, Hilaliyani mengatakan kegiatan ini bertujuan untuk menambah wawasan menu makanan yang bergizi untuk keluarga.

“Ini lomba kudapan ikan untuk anak balita, B2SA untuk anak balita laki-laki usia 6-9 tahun , serta menu sehat untuk makan siang untuk remaja puteri dan menu sehat untuk para laki-laki dewasa”. Ucapnya saat menyampaikan laporan.

Oleh karena itu pengetahuan akan pentingnya konsumsi pangan B2SA perlu disosialisasikan sampai pada tingkat terkecil dalam kelompok masyarakat, yaitu keluarga.

“Pola konsumsi pangan B2SA ini berfungsi untuk mengarahkan agar pola pemanfaatan pangan memenuhi kaidah mutu, keanekaragaman, kandungan gizi, keamanan dan kehalalan, disamping juga untuk efisiensi untuk mencegah pemborosan dalam pengeluaran biaya rumah tangga sehari-hari,” tukasnya.

Sementara itu, Nur Gita Tias mengatakan kegiatan ini merupakan salah satu upaya nyata kita bersama, dalam mendorong masyarakat untuk mengenal, mengolah dan mengkonsumsi sumber daya lokal Kabupaten Banjar dengan tetap berpedoman keseimbangan gizi.

Oleh sebab itu di era milenial 4.0 ini, kebanyakan orang lebih senang mengkonsumsi makanan cepat saji dengan kandungan tinggi garam, gula, dan lemak, masyarakat sekarang lebih suka makan-makanan instan daripada ikan.

“Padahal konsumsi ikan jauh lebih bernutrisi. Ikan sangat sehat karena mengandung protein dan kaya omega-3 yang salah satunya baik untuk jantung dan otak,” katanya.

Maka melalui lomba ini, saya berharap khususnya kepada kader-kader TP PKK agar berperan aktif dalam memberikan pemahaman pentingnya konsumsi ikan, terlebih bagi anak-anak kita yang sedang dalam masa pertumbuhan.

“Mari kita didik dan persiapkan anak-anak kita, generasi muda kita untuk membiasakan diri banyak mengkonsumsi ikan, sebagai salah satu sumber protein hewani yang bergizi tinggi,” pungkasnya. MC Kalsel/scw

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan