Dispora Kalsel Gelar Turnamen Sepak Bola Usia Dini

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kalsel, Hermansyah menendang bola ke gawang atau kiper pada Sepak Bola Paman Birin Cup Fun Festival U12/U14 di Lapangan Murjani, Banjarbaru, Sabtu (23/11/2019). MC Kalsel/scw

Sebanyak 64 tim se-Kalimantan Selatan mengikuti Sepak Bola Paman Birin Cup Fun Festival U12/U14 yang digelar selama lima hari terhitung dari tanggal 23-27 November 2019 di Lapangan Murjani, Banjarbaru, Sabtu (23/11/2019).

Festival tersebut dibuka secara resmi oleh Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dsipora) Kalimantan Selatan, Hermansyah yang ditandai dengan tendangan bola ke gawang.

Dalam sambutannya Hermansyah mengatakan, turnamen sepak bola usia dini tersebut merupakan harapan keberlangsungan persepakbolaan di Kalimantan Selatan dengan mencari bibit terbaik bekerjasama dengan Forum Sekolah Sepak Bola Usia Dini (Foosbi)

“Kita bekerja sama dengan Foosbi, semoga tahun depan bisa kita lanjutkan lagi untuk kegiatan ini, sehingga kompetisi yang secara berjenjang mulai usia 12, usia 14, kemudian kami baru saja melaksanakan usia 16 tahun sampai usia 25 tahun,” ucapnya.

Sebelumnya, Hermansyah mengatakan pihaknya bekerjasama dengan Barito Putera, sehingga ada beberapa pemain yang direkrut untuk mengisi Tim U16 Barito Putera. Hal tersebut tentu menjadi kebanggaan tersendiri karena berhasil melahirkan bibit pesepakbola melalui turnamen yang digelar.

“Hari ini dan sampai selesai nanti khususnya untuk kawan-kawan di Foosbi untuk melihat anak-anak yang memiliki talenta yang bisa kita orbitkan menjadi pemain-pemain terbaiknya Provinsi Kalimantan Selatan yang kemudian direkrut dan diberikan pelatihan,” harapnya.

Untuk Tahun 2020, Hermansyah mengungkapkan Dispora sudah menganggarkan kegiatan untuk para pelatih Sekolah Sepak Bola (SSB) di Kalsel, yang nantinya akan diberikan pelatihan oleh Kemenpora. Kegiatan tersebut telah disiapkan bersama PSSI Kalsel.

“Sehingga pelajaran dasar-dasar sepakbola yang diajarkan kepada anak-anak ini nantinya akan lebih mudah,” jelasnya.

Sementara itu, Sekretaris Forum Sekolah Sepak Bola Indonesia Kalimantan Selatan, Trihayat Ariwibowo mengatakan tujuan kegiatan tersebut untuk mencari dan mengembangkan bibit-bibit olahraga para pemain muda terbaik di Provinsi Kalimantan Selatan untuk mendapatkan jam bermain dan jam bertanding, sehingga mengasah kemampuan mereka.

“Semoga tujuan ini nantinya bisa kita capai dalam 5 hari kedepan,” ungkapnya.

Adapun kabupaten/kota yang mengikuti kegiatan tersebut yakni Tanah Bumbu, Tanah Laut, Banjarmasin, Banjarbaru, Kabupaten Banjar, HST, HSU, HSS, Balangan, dan Tanjung. MC Kalsel/scw

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *