Pentingnya Data dalam Pembangunan Peternakan di Kalsel

Suasana Pertemuan Verifikasi dan Validasi (Verval) Data Peternakan tahun 2019, Banjarbaru, Rabu (19/11/2019).

Sub Bagian Perencanaan dan Pelaporan Disbunnak Kalsel melaksanakan Pertemuan Verifikasi dan Validasi (Verval) Data Peternakan tahun 2019, Banjarbaru, Rabu (19/11/2019).

Kegiatan Verval data peternakan tersebut dilakukan untuk menciptakan data peternakan yang akurat, akuntable dan dapat dipertanggungjawabkan.

Kabid Peternakan dan Kesehatan Hewan Disbunnak Kalsel, Rina Savita dalam sambutannya menyampaikan pentingnya data dalam pembangunan peternakan di Kalsel, terutama dalam pengambilan kebijakan.

“Data ini sangat penting dalam mengambil sebuah kebijakan, oleh sebab itu kita perlu data yang akurat dan akuntable,” jelasnya.

Dalam pertemuan yang dihadiri oleh 13 kabupaten/kota tersebut disampaikan kendala dan permasalahan dalam hal pendataan bagi petugas kabupaten/kota, terutama masih adanya ego sektoral di dalam satu dinas, sehingga data yang dirilis berbeda-beda.

Diakhir acara, peserta dari Kabupaten HSU mengusulkan agar dilakukan bimtek dan penyegaran kembali mengingat banyak petugas data yang berganti dan petugas yang baru belum memiliki keahlian dalam hal pendatan statistik peternakan. (Rauf /Disbunnak Kalsel)

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan