Disbunnak Kalsel Ikuti Seminar Integrasi Sapi dan Kelapa Sawit

Konferensi Integrasi Sapi dan Kelapa Sawit yang diadakan oleh Perkebunan Kelapa Sawit PT Buana Karya Bhakti, Satui, Jumat ( 25/10/2019). Disbunnak/MC Kalsel

SATUI-Tim Dinas Perkebunan dan Peternakan (Disbunnak) Kalimantan Selatan mengikuti seminar dan kunjungan lapangan Konferensi Integrasi Sapi dan Kelapa Sawit yang diadakan oleh Perkebunan Kelapa Sawit PT Buana Karya Bhakti, Satui, Jumat ( 25/10/2019).

Kunjungan lapangan tersebut merupakan studi banding sebagai kegiatan lanjutan setelah dua hari sebelumnya digelar seminar di Jakarta oleh BPPT dan Red Meat And Cattle Partnership dari Kedutaan Australia.

Kunjungam diikuti oleh perwakilan dari Kementerian Pertanian dan seluruh dinas yang membidangi perkebunan dan peternakan di Kalimantan Selatan.

Salah satu pembicara seminar dan juga sebagai peserta kunjungan lapangan yakni Jeff McInerney selaku Manajer Nuendo Cattle Operation, di New Britain, Papua Nugini.

Dalam kesempatan tersebut, Jeff berbagi pengetahuan dan pengalaman bagaimana integrasi sapi dan kelapa sawit di Papua Nugini. “Di Papua Nugini kami menggunakan model half stand dalam pengintegrasiannya,” ujarnya.

Dalam kunjungan tersebut ada beberapa kegiatan yang dilakukan, diantaranya grazing moving (perpindahan sapi antarblok sawit), selection and treatment sapi di paddock ( penimbangan berat hidup, pengecekan kesehatan dan kondisi sapi lainnya), pemberian feed supplement kepada sapi yang memerlukan tambahan nutrisi, khususnya yang masih laktasi, dan mengunjungi lokasi penanaman pastura pada lahan areal reklamasi tambang dan lokasi perkawinan sapi bull dan betina di areal blok sawit.

Ranch Manager SISKA PT Buana Karya Bhakti, Dr Wahyu Darsono sebagai narasumber dan juga ketua kunjungan lapangan mengatakan tujuan kegiatan tersebut sebagai studi banding keterampilan dam pengetahuan model dua sistem penggembalaan.

“Kami harap Pemprov Kalsel dapat menyosialisasikan tentang integrasi sapi dan kelapa sawit kepada masyarakat,” katanya. NA/Disbunnak/MC Kalsel

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *