Operasi Pasar Ayam di Banjarmasin Berlangsung Tertib


Operasi pasar ayam ras yang diselenggarakan oleh Dinas Perdagangan, Dinas Peternakan dan Perkebunan dengan Perhimpunan Insan Perunggasan Rakyat Indonesia (Pinsar) Kalimantan Selatan, di Kantor Kelurahan Kertak Baru, Banjarmasin, Minggu (1/9/2019). MC Kalsel/scw

Operasi pasar ayam ras yang diselenggarakan oleh Dinas Perdagangan, Dinas Peternakan dan Perkebunan dengan Perhimpunan Insan Perunggasan Rakyat Indonesia (Pinsar) Kalimantan Selatan di Kelurahan Kertak Baru Banjarmasin, Minggu (1/9/2019) berlangsung tertib.

Kegiatan tersebut telah ketiga kalinya diselenggarakan di Banjarmasin, yang pertama di Pasar Sungai Andai, kedua di Kantor Kelurahan Kuin Utara dan hari ini di Kelurahan Kertak Baru.

Kabid Perdagangan Dalam Negeri Dinas Perdagangan Kalsel, Dina Aulia Mangkusari mengatakan operasi pasar yang menyediakan 6000 ekor ayam ini seharusnya diadakan di Siring, namun karena ada kegiatan gladi karateka kegiatan kemudian dipindah ke kantor Kelurahan Kertak Baru. Ia juga menjelaskan operasi pasar ayam juga akan dilaksanakan di daerah lain.

“Untuk 4 daerah diantaranya Kota Banjarmasin, Banjarbaru, Kabupaten Banjar dan Tanah Laut akan dilaksanakan sampai tanggal 3 September 2019. Merupakan tahap pertama, dan apabila masih ada over produksi kami akan melakukan lagi operasi pasar di kabupaten lain,” ucapnya

Lanjut Ia mengatakan, sebelumnya untuk proses penjualan ayam tidak menggunakan kupon. Namun, untuk hari ini diberlakukan kupon agar masyarakat bisa mendapatkan bagian sama rata yaitu satu kupon untuk 4 ekor ayam dengan harga Rp100.000.00. Hal tersebut juga dilakukan untuk mempermudah perhitungan.

“Tujuan ini untuk bisa mengetahui jumlah pengeluaran dan pendapatan agar nantinya tidak selisih dalam perhitungan,” ungkapnya

Sementara itu, Salminah, salah satu warga yang mengikuti operasi pasar mengapresiasi adanya kegiatan tersebut karena dapat membantu masyarakat kalangan bawah, terlebih dengan dibantu sistem kupon yang membantu pelaksanaan berlangsung tertib.

“Ini sangat membantu masyarakat kalangan bawah dan pembelian menggunakan kupon cukup tertata rapi, jadi warga yang antri tidak berebut,”katanya.

Salminah berharap operasi pasar rutin dilaksanakan dan dapat menjangkau seluruh pelosok kota Banjarmasin. MC Kalsel/scw

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan