Bangkitkan Olahraga Kalsel, Dispora Gelar Lomba Perahu Mesin Katinting

Peserta lomba / parade perahu mesin (Katinting) tingkat Provinsi Kalsel memasuki finis di dermaga siring Menara Pandang Banjarmasin, Sabtu (31/8/2019). MC Kalsel/tgh

Menjaga kearipan budaya dan melestarikan sungai, Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Kalsel melaksanakan Lomba / parade Perahu Mesin (Katingting) atau kelotok, di dermaga siring Menara Pandang Banjarmasin, Sabtu (31/8/2019).

Diikuti sebanyak 100 peserta, lomba ini dilaksanakan di Sungai Martapura. Memakai rute antara Lokbaintan hingga Taman Siring Menara Pandang.
Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Kalsel, Hermansyah berharap kegiatan ini menjadi agenda yang akan dirutinkan sehingga bisa menjadi sarana untuk membangkitkan olahraga di Kalsel, sekaligus pariwisata yang ada di Kalsel.

“Mudah-mudahan agenda ini bisa kita rutinkan sehingga menjadi sarana untuk membangkitkan olahraga di Kalsel dan juga pariwisata Kalsel khususnya di kota Banjarmasin,” ujarnya.

Lanjut ia mengatakan, sebelumnya pernah dilaksanakan, hanya saja berupa balapan, dan dari hasil keputusan rapat dengan tim balapan memiliki resiko seperti terbalik, dan sebagainya. Sehingga pada hari ini dirubah menjadi parade dengan menghias jukung mereka agar menjadi bagus dan menarik.

Sementara itu, Salmani dari desa Pinang Baru Kecamatan Sugai Tabuk Kabupaten Banjar mengharapkan kegiatan ini terus berlanjut untuk menghidupkan perahu katinting yang ada di daerahnya.

“Mudah-mudahn acara seperti ini terus berlanjut dari tahun ke tahun untuk menggidupkan perahu Katinting di desa-desa kami yang ada disungai tabuk,” ujarnya.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Kalsel, Hermansyah berfoto bersama dengan para pemenang lomba perahu / parade Perahu Mesin (Katingting) tingkat Provinsi Kalsel di dermaga siring Menara Pandang Banjarmasin, Sabtu (31/8/2019). MC Kalsel/tgh

Menurutnya, perahu Katinting merupakan transportasi utama di desanya yang berada di Sungai Tabuk, saat warga bepergian ke sawah, kepasar, bahkan untuk acara keagamaan warga memanfaatkan perahu Katinting.

“Soalnya ini yang utama transportasi kami jadi harapannya untuk melestarikan Katinting yang ada di daerah pesisir Sungai Martapura khususnya daerah Sungai tabuk,” pungkasnya.

Juara Lomba Perahu Mesin (Katinting) berhasil direbut oleh perahu dengan nomor kelotok 076 juara 5, nomor 012 juara 4, nomor 022 juara 3, nomor 037 juara 2, dan yang menjadi juara satu ialah nomor 038.

Kegiatan ini merupakan rangkaian memperingati Hari Olahraga Nasional yang jatuh pada tanggal 8-9 september 2019 mendatang dan kegiatan hari ini merupakan yang pertama, pada tanggal 3 dan 4 ada festival kuntau tingkat Provinsi Kalsel, kemudian pemecahan rekor muri karateka tanggal 8, goes nusantara tanggal 8 dan malam puncak dimeriahkan oleh artis nasional, acara akan dipusatkan disiring menara padang. MC Kalsel/tgh

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan