Lintas Alam dan Renungan Malam, Iringi Langkah Awal Petugas

Rantau, Info_PAS. Tidak terasa satu tahun telah dilalui CPNS Rutan Rantau yang sekarang sudah menjadi PNS, ceremonial pengambilan sumpah PNS sudah mereka laksanankan bertempat di Gedung Idham Chalid Pemprov Kalimantan Selatan di Banjarbaru oleh Kepala Kanwil Kenkumham Kalsel, Ferdinan Siagian (1/2/2019), namun prosesi acara tidak hanya berhenti disana.
Prosesi juga dilaksanakan ditempat tugas yaitu di Rutan Kelas IIB Rantau, tepat pada hari Minggu rangkaian kegiatan dilalui mulai dari lintas alam sampai acara renungan malam yang diisi dengan penanaman disiplin PNS yang tertuang pada PP 53 tentang Disiplin PNS (10/02/2019). 
“Rangkaian kegiatan untuk PNS 2019 yang baru saja dilantik sengaja dilakukan untuk  menanamkan sikap disiplin PNS yang tertuang pada Peraturan Pemerintah No.53 tentang Disiplin PNS dan Kode Etik Petugas Pemasyarakatan”, terang Kepala Rutan Rantau, Batara Hutasoit, Bc.IP., SH (10/02/2019).


“Dengan pembacaan peraturan tersebut, diharapkan setiap petugas dapat mengerti dan memahami disiplin dan kode etik dalam melaksanakan tugas, serta sebagai upaya pembinaan petugas dalam langkah preventif Pencegahan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN)dilingkungan rutan dan lapas”, tambahnya.
Kegiatan diawali dengan berjalan kaki dimulai dari halaman gedung Rutan Rantau menyusuri wilayah perkebunan di daerah Bitahan, Kec. Lokpaikat, Kota Tapin. Dalam kegiatan tersebut PNS 2019 dituntut kebersamaan dalam menyusuri berbagai rintangan alam mulai dari menjelajah medan darat sampai susur sungai yang diakhiri dengan simbolis penyematan baret oleh Pejabat Rutan Rantau.
Setalah kegiatan alam selesai, acara dilanjutkan malam hari yaitu kegiatan renungan malam, PNS 2019 bergantian membacakan Peraturan Pemerintan No.53 Tahun 2010 tentang Disiplin Pegawai Negeri Sipil (PNS) sedangkan Acara Inti Perenungan Malam disampaikan Oleh Kasubsi Pelayanan Tahanan, Haris., SH.
Kegiatan berjalan hikmat, PNS 2019 dan Panitia Acara larut dalam kegiatan, dimana pembicara menguraikan bagaimana proses insan pemasyarakatan PNS 2019 mulai dari awal berjuang sampai diberikannya SK Pengangkatan sebagai PNS di Kementerian Hukum dan HAM yang diinginkan banyak orang serta doa dan dukungan keluarga dalam mencapainya yang jangan sampai dilupakan.
Akhir acara semua PNS 2019 mencium bendera Merah Putih, Pengayoman dan Pemasyarakatan sebagai bukti dan tekad untuk mengabdi dengan sepenuh hati.

Kontributor : Humas Rutan Rantau

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan