Pemko Banjarmasin Terus Berupaya Kurangi Sampah Plastik

Ilustrasi tumbler (botol minum). MC Kalsel/ist

Walikota Banjarmasin, Ibnu Sina terus berupaya menggaungkan gerakan membawa tumbler (botol minum) sendiri guna mengurangi penyebaran sampah plastik di kota seribu sungai.

“Ini yang mau Pemko gaungkan, bersama-sama mengkampanyekan gerakan membawa tumbler sendiri dengan tujuan untuk mengurangi sampah dari bahan-bahan plastik” Kata Ibnu kepada sejumlah wartawan, Jum’at (2/1/2019).

Ibnu mengungkapkan, sekolah hijau dan sekolah adiwiyata baik tingkat kota, provinsi, nasional, ataupun mandiri sudah menerapkan  pengurangan kantong plastik dengan gerakan membawa botol sendiri.

“Sebelumnya saya sudah berkunjung ke SMPN24 Banjarmasin, disana mayoritas siswa-siswinya sudah menggunakan tumbler” imbuhnya.

Pada tanggal 3 Februari 2019 mendatang, lanjut Ibnu, Pemko Banjarmasin akan meluncurkan gerakan seribu sungai, seribu tumbler sebagai bentuk nyata upaya Pemko Banjarmasin untuk mengurangi sampah plastik.

Ditambahkan orang nomor satu di kota seribu sungai ini, tahun ini Pemko Banjarmasin juga berkomitmen untuk menerapkan pelarangan penggunaan kantong palstik di pasar tradisional.

 “Tahun ini, Pemko berkomitmen pelarangan kantong plastik sampai ke pasar tradisional dengan uji coba di pasar pandu dan pasar teluk dalam” jelas Ibnu.

“Selain itu Pemko juga berencana membagikan 1 juta bakul purun yang dilakukan secara bertahap, untuk tahap pertama Pemko akan membagikan 10 ribu bakul purun” pungkasnya. MC Kalsel/Jml

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan