Pemprov Kalsel Prioritaskan Pembangunan Berkelanjutan

Sekretaris Daerah Provinsi Kalsel, H Abdul Haris Makkie (kiri) menyampaikan sambutan sekaligus membuka secara resmi Sosialisasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB)/Sustainable Development Goals (SDGs) di Hotel Rattan Inn Banjarmasin, Kamis (26/7). MC Kalsel/Jml

Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan melalui Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPPA) Provinsi Kalsel melaksanakan Sosialisasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB)/Sustainable Development Goals (SDGs) yang bertempat di Hotel Rattan Inn Banjarmasin, Kamis (26/7).

Sosialisasi TPB ini dibuka langsung oleh Sekretaris Daerah Provinsi Kalsel, H Abdul Haris Makkie.

Menurutnya, SDGs merupakan kelanjutan dari Millenium Development Goals (MDGs) yang merupakan kesepakatan bersama negara-negara anggota Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) untuk melaksanakan pembangunan secara terpadu.

“Tujuan utamanya adalah memungkinkan seluruh rakyat untuk menikmati umur yang panjang, sehat dan menjalankan kehidupan yang produktif dan indikator keberhasilan SDGs antara lain adalah Indeks Pembangunan Manusia (IPM) dengan parameter umur panjang dan sehat, pengetahuan dan keterampilan serta kemampuan dalam mengakses sumber daya ekonomi dalam arti yang luas” kata Haris.

Selanjutnya, Haris menuturkan di era MDGs cukup banyak keberhasilan yang bisa kita capai diantaranya kemampuan Kalsel dalam menurunkan angka kemiskinan, meningkatnya IPM meskipun belum maksimal, menurunnya angka kematian bayi dan ibu melahirkan.

“Lebih spesifik dalam konteks Pengarus Utamaan Gender (PUG), Kalsel juga merespon Instruksi Presiden Nomor 9 Tahun 2000 tentang PUG dalam Pembangunan Nasional dan Rencana Pembangunan Jangka Panjang Nasional (RPJPN) Tahun 2005 – 2025 dengan menerbitkan Peraturan Daerah Nomor 9 Tahun 2009 tentang PUG dalam Pembangunan Daerah dan Peraturan Gubernur Nomor 019 Tahun 2010 tentang Pedoman Umum Pelaksanaan PUG dalam Pembangunan Daerah” tandasnya.

Ia meminta kepada pimpinan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Pemprov Kalsel agar betul-betul fokus terhadap PUG, perlindungan anak dan sasaran-sasaran dalam SDGs agar menjadi pertimbangan dan dasarkan menyusun kegiatan dan anggaran.

Haris pun berharap melalui Sosialisasi ini pelaksanaan TPB di Kalsel bisa berhasil dan tepat sasaran.

Ditempat yang sama Sekretaris DPPPA Provinsi Kalsel, Noor Arifin mengatakan Sosialisasi bertujuan untuk memberikan pemahaman tentang TPB dan mampu mengimplementasikannya serta dapat menyusun rencana aksi daerah sesuai dengan indikator SDGs.

Peserta Sosialisasi TPB terdiri dari SKPD di Provinsi Kalsel berjumlah 61 orang dan DPPPA Kab/Kota berjumlah 25 orang serta Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kab/Kota berjumlah 13 orang. MC Kalsel/Ar

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan