Realise Praktek Lapangan

Banjarbaru – (07/07) Kepala Kantor Pencarian Dan Pertolongan Banjarmasin, MUJIONO,S.E,M.H  Menjadi Instruktur dalam rangka Pelatihan SAR Tingkat Dasar Akedemi Keperawatan Pandan Harum yang bertempat di Aula Kantor Pencarian Dan Pertolongan Banjarmasin JL. A. Yani Km 28,200 Banjarbaru. Dalam kesempatan ini Mujiono  Memberikan materi mengenai SEA SURVIVAL dalam menghadapi musibah yang terjadi . setelah 1 hari kemaren memberikan materi kelas , hari ini sabtu Mujiono langsung memberikan praktek teknik-teknik Sea Survival di Danau Seran Banjarbaru.

Pada kegiatan Pelatihan ini di ikuti oleh 40 Orang  Mahasisawa, Maka dalam hal ini Peranan Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) sangat lah perlu diketahui oleh para Pelajar dikarenakan mengetahui informasi yang luas mengenai menjadi petugas kedaruratan. Praktek lapangan ini se olah-olah mengambarkan kejadian sebenarnya bagaimana kita untuk mengatasi dan memberi bantuan kepada seseorang yang mengalami musibah yang sedang meminta bantuan. Semua Materi dikelas yang telah di berikan selama 5 hari langsung di praktekkan oleh peserta pelatihan ini, agar  para Instruktur biasa menilai sampai dimana peserta dapat menangkap pelajaran yang sudah di berikan ini.Dimateri ini juga di jelaskan Prioritas yang menunjang Survivor lebih Lama hidup di air : Udara, Suhu, Istirahat, Minum Dan makanan.

Pelatihan ini berjalan dengan dinamis, para peserta tidak hanya mendapat ilmu dan pengalaman yang berharga, tapi juga merasakan sensasi menyenangkan bisa berkegiatan secara positif didalam air. Kerjasama dan kekompakan tim tentu menjadi salah satu kunci dalam simulasi Sea Survival di air. Mujiono Menjelaskan ada juga peserta yang masih takut dengan air, ada peserta yang menangis, dan takut akan praktek Lapangan ini, Tapi dengan berbagai cara pembelajaran,pendekatan dan memberikan rasa nyakin para Instruktur kepada peserta akhirnya semua peserta dapat mencoba praktek Sea Survival ini, Setelah semua melakukan akhirnya mereka mau mencoba lagi, ungkap mujiono.

Tujuan dari pelatihan ini adalah untuk meningkatkan kapasitas Petugas Kegawat Daruratan dalam berkegiatan di air dan juga sebagai persiapan diri sendiri kalau terjadi musibah nantinya. Para peserta terlihat sangat antusias saat mengikuti kegiatan ini.  Pelatihan SAR Tingkat Dasar merupakan salah satu program edukasi kegawatdaruratan yang dirancang oleh Akademi Keperawatan Pandan Harum untuk membekali skill dan kemampuan para Siswa dalam melaksanakan kiprah petugas Kegawatdaruratan  dilapangan, terutama yang berkaitan langsung dengan proses penyelamatan di air.

Dalam Kesempatan ini juga Kepala Seksi Sumberdaya kantor Pencarian dan pertolongan Banjarmasin Endrow Sasmita Mengucapkan terimakasi Yang Sebesar besarnya atas keperya Yayasan Akademi Keperawatan Sudah Mempercayakan kepada Kantor Pencarian dan Pertolongan Banjarmasin Untuk Melatih para mahasiswa/i terhadap Kegawatdaruratan, Semoga kerjasama ini akan selalu terjalin dengan baik, Ungkap Endrow.  Tertarik untuk ikutan pelatihan ini juga? dengan senang hati kami akan mendampingi, jangan ragu untuk berbagi dan bertanya. Yuk belajar dan berlatih bersama Kantor Pencarian Dan Pertolongan Banjarmasin. ( IMAN / HMS SAR )

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan