Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Banjarmasin memberikan materi SAR

Suasana Pelatihan SAR Tingkat Dasar Akedemi Keperawatan Pandan Harum di Aula Kantor Pencarian Dan Pertolongan, SAR Banjarmasin jalan Ahmad Yani Km 28 Banjarbaru, Jumat (6/7). Mc Kalsel

Banjarbaru – (06/07) Kepala Kantor Pencarian Dan Pertolongan Banjarmasin MUJIONO,S.E,M.H Menjadi Instruktur dalam rangka Pelatihan SAR Tingkat Dasar Akedemi Keperawatan Pandan Harum yang bertempat di Aula Kantor Pencarian Dan Pertolongan Banjarmasin JL. A. Yani Km 28,200 Banjarbaru. Dalam kesempatan ini Mujiono Memberikan materi mengenai SEE SURVIVAL dalam menghadapi musibah yang terjadi di Kapal,yaitu Teknik bertahan hidup nyawa dalam keadaan terancam di Air.

Pada kegiatan Pelatihan ini di ikuti oleh 40 Orang Masiswa yang terdiri dari 15 orang Laki-Laki Dan 25 Orang Wanita, pelatihan dimulai dari Tanggal 02 – 07 Juli 2018, Diantaranya 5 Hari Materi dikelas dan 1 Hari praktek lapangan di Danau SERAN. Yang bertindak Sebagai Pengajar dalam pelatihan ini adalah Para instruktur kantor pencarian dan pertolongan Banjarmasin berjumlah 6 orang. Maka dalam hal ini Peranan Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) sangat lah perlu diketahui oleh para Pelajar dikarenakan mengetahui informasi yang luas mengenai tugas Kedaruratan.

Mujiono Berharap melalui kegiatan ini semoga adik adik mahasiswa/i, dapat menjadi petugas kemanusiaan yang profisional.

Pelatihan ini Kantor pencarian Dan Pertolongan Banjarmasin memberikan beberapa Materi-materi yang terdiri dari : MFR (Medical First Responder) yang meliputi pengenalan dasar, penilaian korban, bantuan hidup dasar serta Resusitasi Jantung Paru, Vehicle Accident Rescuepa( VAR ), Kesehatan Dan Keselamatan kerja ( K3 ) Safety Awareness / kesadaran keselamatan untuk diri sendiri, dan SEA SURVIVAL pedoman keselamatan di air ( Emergency Response Proceadure. Para peserta juga akan mempraktekannya untuk Sea Survival di Air langsung di Danau SERAN.

Mujiono dalam kesempatan ini memberikan materi SEA SURVIVAL di Air karna dilihat dari daerah ini banyak terdapat sungai-sungai. Survival adalah Kemampuan seseorang untuk dapat hidup saat jiwa anda terancam oleh suatu kecelakaan atau bahaya. Prioritas dalam pembelajaran yang dibawakan Mujiono ini adalah survival untuk pengetahuan akan bahaya utama bagi orang-orang yang berjuang di air dan teknik-teknik penyelamatan. Tetaplah terus berlatih dan mengulang ulang terus menerus semua materi pelajaran yang telah didapatkan agar semua itu dapat menyatu di dalam diri kita sebagai bagian dari naluri dan refleks diri kita ungkap mujiono.

Dalam Kesempatan ini juga Muhammad Yusuf Ketua Yayasan Akademi Keperawatan Pandan Harum Menyampaikan Ucapan terimakasih Kepada Semua Instruktur Kantor pencarian dan pertolongan Banjarmasin ini yang sudah memberikan materi-materi kegawat Daruratan dalam waktu 6 hari ini, Para peserta terlihat antusias dalam mengikuti setiap materi yang diberikan.

Salah seorang peserta menuturkan bahwa pelatihan ini sangat bermanfaat, karena kehidupan mereka dekat dengan Sungai. “Teknik-teknik yang diajarkan bisa menambah pengetahuan tentang keselamatan ketika sedang di sungai dan semoga bisa bermanfaat jika nantinya saya dihadapkan dalam kondisi ada yang perlu pertolongan,”. SAR Bjm – Mc Kalsel

 

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan